Coolpad Legacy, Harga Murah Spesifikasi Wah

Coolpad Legacy, Harga Murah Spesifikasi Wah

Baru-baru ini pabrikan smartphone level entry asal China, Coolpad, resmi meluncurkan produk terbaru mereka yakni Coolpad Legacy.

Jika dibandingkan dengan berbagai vendor lain yang bertaburan di pasar gadget Indonesia, Coolpad memang belum terlalu dikenal. Meski hadir tanpa dukungan chipset kelas atas, Coolpad berani mengklaim bahwa smartphone keluaran terbarunya tersebut pantas masuk jajaran ‘flagship budget’.

Kamera Coolpad Legacy
Kamera Coolpad Legacy

Vendor ini memang menyasar kelas menengah ke bawah sebagai target pasar ponsel terbarunya.

2019 ini memang menjadi tahun yang sangat pesat dan penuh persaingan antar vendor smartphone. Terbukti hingga menginjak bulan ke enam ini sudah banyak vendor menelurkan produk ponsel pintar terbarunya.

Tampak ingin menarik perhatian pengguna, vendor asal China ini begitu mengunggulkan Legacy sebagai andalan mereka dalam hal teknologi dan memastikan produknya akan kukuh menerjang pasaran.

Target pasar Coolpad Legacy ini ditujukan untuk menyasar segmen keluarga dengan mengusung tagline ‘purpose built busy family life’ dan sudah bisa dibeli oleh konsumen di negeri Paman Sam. Ponsel ini menjadi segelintir produk yang mampu melenggang memasuki pasar AS di tengah sentiman anti China.

Untuk mengakalinya, Coolpad dengan cerdas menyebarkan pesan positif dengan mengatakan bahwa mereka telah memiliki kantor pusat di Frisco, Texas dan sudah mulai beroperasi di AS sejak tahun 2012 silam.

Layar

Layar Coolpad Legacy
Layar Coolpad Legacy

Coolpad Legacy dipasarkan dengan harga 130 US dollar, atau senilai 1,8 juta jika dirupiahkan. Ponsel ini merupakan produk hasil kolaborasi antara Metro yang diwakili oleh T-Mobile dengan Coolpad.

Dengan mengusung layar selebar 6,36 inchi FullHD+, Anda bisa menikmati kualitas layar yang mampu memanjakan mata Anda. Tak hanya itu, meski dijual dengan harga terjangkau di pasaran, layar smartphone ini juga telah diproteksi dengan menyisipkan Corning Gorilla Glass 3.

Lapisan ini mampu melindungi layar dari berbagai benturan dan goresan, sehingga layar tetap awet dan tahan lama dibanding layar berbasis Oleophobic, Coating, dan Scratch Resisten Glass yang hanya mampu menangkal kaca dari minyak dan kotoran yang menempel.

Smartphone ini juga memiliki daya baterai yang cukup besar di kelasnya yakni sebesar 4000 mAh, serta telah ditunjang dengan fitur Quick Charge 3.0 besutan Qualcum untuk menunjang pengisian dayanya secara cepat.

Prosesor
Sementara itu, pada bagian chipset, Coolpad menanamkan Snapdragon 450 untuk menjadi dapur pacu utamanya. Meski bukan seri chipset terbaru di pasaran dan termasuk jajaran chipset mid range, Snapdragon 450 ini diklaim tetap irit baterai dan menunjang performa terbaik.

Teknologi proses 14nm yang ditanamkan sangat berguna untuk membuat chipset ini memiliki performa yang bertenaga namun tetap hemat dalam konsumsi daya baterai. SoC ini memang biasa ditanamkan untuk smartphone pada range harga 1 hingga 2,5 jutaan.

Dengan mengusung prosesor oct CORE 8X Cortex A53 1.8 GHz, dan dilengkapi dengan LPDDR3 933 MHz single channel, Qualcomm bahkan berani menyebutkan bahwa SoC ini akan menyuguhkan performa yang lebih baik. Jika dipresentasikan, kurang lebih 25 persen di atas Snapdragon 435.

Memori

Memori Coolpad Legacy
Memori Coolpad Legacy

Di sisi penyimpanan, Coolpad Legacy ini memiliki kapasitas RAM sebesar 3 GB dan internal storage dengan kapasitas hingga 32 GB.

Karenanya, jika dianalisis sekilas ponsel ini tampaknya akan menjadi salah satu referensi terbaik bagi para gamers yang membutuhkan baterai berkapasitas besar dan awet, serta RAM yang cukup untuk aplikasi.

Kamera
Dalam sebuah produk smartphone terkini, hal yang cukup menjadi pertimbangan sebelum membeli adalah spesifikasi kamera. Diakui atau tidak, keberadaan dan kemampuan bidik kamera dalam smartphone memang cukup menyita perhatian pengguna.

Untuk urusan memotret ini, Coolpad Legacy telah dibekali dengan kamera ganda di bagian belakang.

Konfigurasi ke dua kamera ini masing-masing sebesar 16 MP + 5 MP. Keberadaan dual kamera ini diharapkan mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang makin digandrungi masyarakat. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur LED flash untuk membantu menangkap gambar dalam gelap.

Tak hanya itu, tesemat pula fitur PDAF dan HDR untuk menghasilkan gambar yang lebih memuaskan. Sementara itu, kamera depan ponsel ini beresolusi 13 MP. Resolusi sebesar ini sudah cukup bagus dan mumpuni untuk mendukung kebutuhan pengambilan foto selfie dan keperluan video call.

Sensor

Sensor Coolpad Legacy
Sensor Coolpad Legacy

Untuk melengkapi fitur keamanannya, Coolpad Legacy mengusung fitur sidik jari yang diletakkan di bagian belakang perangkat, seperti pada umumnya ponsel lain. Tak cukup sampai di situ, ponsel ini masih menanamkan fitur Face Unlock yang memungkinkan penggunanya untuk dapat membuka kunci hanya dengan proses pengenalan wajah.

Berkat hadirnya dua fitur penunjang keamanan ini, pengguna dapat membuka layar smartphone dengan lebih mudah tanpa harus mengetikkan kata sandi lagi. Hal ini juga cukup berguna dalam meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, karena toh yang bisa membuka hp tersebut hanyalah terbatas pada pemiliknya.

Untuk perangkat lunaknya, ponsel pintar ini sudah dijalankan dengan sistem operasi Android 9 alias Android Pie. Fitur menarik yang dihadirkan sistem Android 9 Pie di Coolpad Legacy ini adalah dual split multitasking di mana pengguna dapat menjalankan dua aplikasi berbeda secara bersamaan dalam satu layar.

Selain itu, terdapat pula fitur App Clone yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengkloningan atau penggandaan aplikasi. Terlepas dari fitur-fitur tersebut, Coolpad Legacy ini disinyalir hemat baterai karena kapasitas baterainya yang cukup besar.

Fitur Pelengkap

Coolpad Legacy
Coolpad Legacy

Ditilik dari sisi konektivitas, Coolpad Legacy masih menyisipkan Bluetooth tipe v4. 1, A2DP, LE untuk alternatif berbagi data tanpa perlu koneksi internet.

USB yang dipakai merupakan USB Type C v2.0, USB host, USB on the go. Di fitur lainnya, Anda bisa menikmati music yang dimainkan melalui MP3/ AAC+/ AMR/ eAAC+/ FLAC.

Meski kini telah jarang sekali digunakan, Coolpad masih menanamkan fitur FM Radio di ponsel terbarunya ini. Terdapat pula fitur Active noise cancelling with dedicated mic Xvid/MP4/H.264/H265/HEVC player Voice over LTE (VoLTE) ready.

Demikianlah uraian mengenai spesifikasi dan harga ponsel terbaru Coolpad Legacy. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa smartphone ini memiliki beberapa poin keunggulan, antara lain:

  • Baterai berkapasitas besar, yakni 4000 mAh dan sudah mendapatkan support berupa pengisian cepat teknologi Qualcomm quick charger 3.0
  • Mengusung prosesor Qualcom Snapdragon 450 Octa Core sebagai otaknya
  • Menyediakan memori RAM sebesar 3 GB dan memori internal 32 GB
  • Mengusung dual kamera dengan resolusi masing-masing 16 MP dan 5 MP untuk menghasilkan efek bokeh
  • Kamera selfie beresolusi 13 MP didukung fitur artificial intelligence
  • Layar lebar 6,36 inchi beresolusi HD+
  • Layar Gorilla Glass 3 yang kuat dan tahan lama
  • Mengusung fitur Face Unlock dan sensor fingerprint untuk pengaman
  • Sistem operasi Android 9 Pie
  • Harga terjangkau

Nah, sekarang Anda yang memutuskan sendiri hendak membeli ponsel ini atau tidak. Semoga penjabaran dalam artikel ini dapat memberikan pencerahan dan dapat menjadi referensi sebelum membeli smartphone Coolpad Legacy ini.

Tinggalkan komentar