Cara Relock Bootloader Xiaomi Ternyata Mudah

oleh -11 views

Relock bootloader Xiaomi memang kurang begitu banyak dilakukan oleh pengguna HP Xiaomi. Kebanyakan orang yang memiliki HP Xiaomi memang lebih sering melakukan unlock sistem bootloadernya.

Namun ada saat tertentu dimana pengguna justru ingin melakukan relock seperti standar pabrikan lagi. Masalahnya, kebanyakan info yang bisa ditemukan di internet lebih membahas mengenai bagaimana caranya unlock bootloader dari HP Xiaomi.

Sangat sedikit sekali informasi mengenai bagaimana caranya relock bootloader Xiaomi. Jikalaupun ada, biasanya informasinya kurang lengkap. Apakah anda juga sedang mencari cara relock bootloader Xiaomi yang lengkap?

Jika anda mau tau bagaimana caranya dari awal sampai berhasil, anda bisa pelajari selengkapnya di dalam artikel ini.

Macam-Macam Alasan Orang Ingin Relock Xiaomi yang Dimilikinya

Sebelum membahas bagaimana caranya relock bootloader Xiaomi, anda perlu tau terlebih dahulu tentang apa saja alasan orang-orang pengguna HP Xiaomi sampai ingin relock kembali bootloader HPnya seperti standar pabrikan lagi.

Dari sekian banyak pengguna HP Xiaomi, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa mereka mau relock yang sebelumnya sudah mereka unlock:

  • Sudah bosan melakukan custom ROM

Salah satu alasan utama kenapa banyak orang ingin melakukan unlock bootloader dari HP Xiaomi memang adalah untuk bisa melakukan custom ROM.

Setelah mencoba berbagai macam custom ROM dan mulai merasa bosan, bisa juga karena bingung untuk mengatasi masalah Boatloader Xiaomi Stuck dalam prosesnya. Sehingga kebanyakan pengguna HP Xiaomi akan mengembalikan lagi pengaturan bootloadernya ke pengaturan pabrik untuk menjaga keamanan data yang tersimpan di dalam HPnya.

  • HP Xiaomi yang dimiliki mau dijual

Selain sudah bosan melakukan custom ROM dan modifikasi pada sistem, banyak orang yang ingin relock bootloader Xiaomi itu juga disebabkan karena mau menjual HP Xiaomi yang dimilikinya.

Kenapa HP Xiaomi yang mau dijual harus berada dalam kondisi locked bootloadernya? Pasalnya, harga jual HP Xiaomi yang bootloadernya sudah dalam kondisi unlock itu biasanya lebih rendah dari yang masih dalam kondisi locked.

Hal tersebut disebabkan karena banyak orang beranggapan bahwa HP Xiaomi yang bootloadernya sudah dalam kondisi unlock itu jauh lebih rentan mengalami kerusakan akibat sistem yang dimodifikasi.

Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Relock Bootloader Xiaomi

Setelah mengetahui apa saja alasan orang-orang yang ingin relock kembali bootloader HP Xiaomi nya, sekarang anda juga perlu tau apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan relock bootloader HP Xiaomi.

Bagi anda yang memang ingin melakukan relock bootloader Xiaomi, anda harus mempersiapkan beberapa peralatan berikut ini terlebih dahulu:

  • Software minimal ADB dan Fastboot

Software minimal ADB dan Fastboot adalah software yang digunakan untuk mengunci kembali bootloader HP Xiaomi anda. Anda bisa mengunduh file software minimal ADB dan Fastboot tersebut melalui link ini.

Software minimal ADB dan Fastboot tersebut termasuk sebagai software mini dengan ukuran file hanya sebesar 2 megabyte saja. Selain ukuran filenya yang sangat kecil, software tersebut juga tidak membutuhkan spesifikasi komputer ataupun laptop yang terlalu tinggi.

  • Komputer ataupun laptop

Selain software ADB dan Fastboot, anda juga membutuhkan komputer ataupun laptop. Pasalnya, software ADB dan Fastboot tersebut adalah software yang hanya bisa dipasang di dalam komputer ataupun laptop.

Langkah-Langkah Melakukan Relock yang Benar

Jika anda sudah menyiapkan semua peralatan yang anda butuhkan untuk melakukan relock bootloader Xiaomi, maka selanjutnya anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini saja:

  1. Setelah berhasil mengunduh file software ADB dan Fastboot, pertama-tama pasang terlebih dahulu software tersebut di dalam komputer ataupun laptop anda.
  2. Hidupkan HP Xiaomi yang mau anda relock bootloadernya. Masuk terlebih dahulu menjadi developer. Cara masuk menjadi developer adalah dengan mengetuk info versi MIUI beberapa kali dari dalam menu about
  3. Setelah anda berhasil masuk menjadi developer, keluar dari menu about dan masuk kedalam menu developer option. Menu tersebut bisa anda temukan pada bagian bawah menu pengaturan HP.
  4. Dari menu developer option, aktifkan USB debugging. Setelah itu matikan HP.
  5. Hidupkan kembali HP dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah untuk masuk kedalam menu Fastboot Xiaomi. Jika berhasil masuk kedalam menu tersebut, layar HP anda akan muncul tulisan fastboot mode.
  6. Jika HP Xiaomi sudah benar-benar masuk kedalam fastboot mode, hubungkan HP Xiaomi dengan komputer atau laptop yang sudah anda pasangi dengan software ADB dan Fastboot.
  7. Dari dalam software ADB dan Fastboot, input “fastboot device” (ketikkan tanpa menggunakan tanda petik). Setelah itu tekan enter pada keyboard komputer ataupun laptop anda.
  8. Jika sudah, input kembali perintah “fastboot oem lock” (ketik tanpa menggunakan tanda petik) pada software ADB dan Fastboot. Tekan enter kembali pada keyboard komputer ataupun laptop anda.

Setelah itu, anda bisa mematikan HP Xiaomi yang anda miliki dan mencabut kabel data dari komputer ataupun laptop anda.

Bagaimana Cara Cek Apakah Proses Relock Sudah Berhasil?

Setelah selesai melakukan proses relock menggunakan software ADB dan Fastboot, lalu bagaimana caranya untuk cek apakah kondisi bootloader HP Xiaomi anda sudah lock kembali seperti pengaturan pabrikan atau belum?

Ada 2 cara untuk mengetahui apakah proses relock bootloader Xiaomi sudah berhasil atau belum. Berikut adalah beberapa cara untuk cek apakah kondisi HP Xiaomi sudah berhasil di relock atau belum:

  • Dengan menghubungkan kembali HP Xiaomi dengan software ADB dan Fastboot

Cara pertama untuk cek apakah proses relock sudah berhasil adalah dengan menghubungkan kembali HP Xiaomi anda dengan software ADB dan Fastboot dari komputer ataupun laptop.

Pastikan untuk masih mengaktifkan USB debugging pada HP Xiaomi anda dan masuk kedalam mode Fastboot sebelum menghubungkan dengan software ADB dan Fastboot.

Setelah berhasil menghubungkan antara HP Xiaomi dengan software ADB dan fastboot, input “fastboot oem device-info” (tanpa tanda petik) kemudian tekan enter.

Jika bootloader HP Xiaomi anda sudah berhasil direlock, maka anda akan melihat informasi bahwa sistem bootloader HP Xiaomi anda dalam kondisi false (masih dalam kondisi terkunci) di software ADB dan fastboot tersebut.

  • Dengan melihat pada bagian bawah layar HP Xiaomi saat booting

Cara cek apakah proses relock sudah berhasil atau belum yang kedua adalah dengan melihat tulisan di bagian bawah layar HP Xiaomi saat booting.

Jika sistem bootloader HP Xiaomi anda sudah berhasil dikunci kembali, maka tulisan yang tampil di bagian bawah layar HP Xiaomi saat booting adalah locked bukan unlocked.

Bagaimana? Tidak sulit bukan cara relock bootloader Xiaomi itu? Setelah tau bagaimana proses relock kembali bootloader dari HP Xiaomi, apakah anda setuju jika proses relocknya jauh lebih mudah daripada proses unlocknya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *