Screen Bleeding, Masalah Serius Pada Layar HP Xiaomi

oleh -33 views

Screen bleeding adalah salah satu masalah pada bagian layar yang cukup sering dialami oleh pemilik HP Xiaomi.

Masalah bleeding pada bagian layar HP Xiaomi tersebut memang paling sering terjadi pada seri entry level dari HP Xiaomi. Hal tersebut disebabkan karena memang mayoritas seri entry level HP Xiaomi masih menggunakan layar berteknologi LCD bukan layar OLED.

Karena layarnya masih menggunakan jenis LCD, maka mau tidak mau layar tersebut masih mengandalkan backlight untuk menampilkan gambar.

Lalu sebenarnya apa penyebab dan juga apakah ada cara untuk mengatasi masalah screen bleeding pada HP Xiaomi yang menggunakan layar LCD tersebut?

Bagi anda yang mau tau apa yang bisa menjadi penyebab masalah dan bagaimana solusi layar HP Xiaomi yang mengalami bleeding tersebut, anda bisa pelajari semuanya di dalam artikel ini.

Apa Itu Screen Bleeding Pada Layar HP Xiaomi?

Kemungkinan besar memang masih ada beberapa dari anda yang belum paham dengan yang dimaksud screen bleeding.

Sebenarnya apa itu screen bleeding? Yang dimaksud dengan bleeding pada layar HP Xiaomi itu adalah kondisi dimana muncul cahaya berwarna putih pada bagian pinggir layar HP.

Hal ini biasanya bisa dilihat dengan jelas ketika layar HP Xiaomi anda sedang menampilkan gambar dengan warna gelap. Semakin parah kondisinya, biasanya semakin terang cahaya putih yang bisa anda lihat pada bagian pinggir layar.

Macam-Macam Penyebab Masalah Screen Bleeding Pada HP Xiaomi

Screen bleeding memang sudah menjadi masalah klise terutama pada HP Xiaomi yang masih menggunakan layar berteknologi LCD. Ada banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab munculnya masalah bleeding pada layar HP Xiaomi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang paling sering jadi penyebab munculnya masalah bleeding pada LCD HP Xiaomi seri entry level:

  • Faktor usia penggunaan HP Xiaomi

Hal pertama yang paling sering jadi penyebab masalah bleeding pada bagian layar HP Xiaomi adalah karena faktor usia penggunaan.

Ketika HP Xiaomi anda sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, memang masalah yang pertama akan anda alami adalah bleeding pada bagian layar.

Hal tersebut disebabkan karena komponen diffuser backlight pada bagian LCD layar HP Xiaomi biasanya sudah mulai lapuk karena dimakan usia.

Karena bagian diffusernya sudah tidak dalam kondisi 100% lagi, maka sudah dapat dipastikan backlight LCD akan mulai terlihat pada bagian pinggir layar HP Xiaomi anda.

  • Cacat produksi

Selain karena faktor usia penggunaan, masalah bleeding pada backlight LCD HP Xiaomi seri entry level itu juga bisa terjadi karena cacat produksi.

Namun demikian, faktor satu ini sangatlah kecil jumlahnya. Dan jikalaupun anda sampai mendapatkan HP Xiaomi yang mengalami masalah bleeding pada bagian layarnya sejak awal, anda bisa dengan mudah mendapatkan garansi dari distributor resminya di Indonesia.

  • Tegangan backlight yang tidak sesuai standard

Jika bukan disebabkan karena rusaknya komponen diffuser ataupun cacat produksi, masalah bleeding pada bagian layar HP Xiaomi biasanya disebabkan karena tegangan backlight yang sudah tidak sesuai dengan standardnya.

Ketika backlight mendapatkan aliran tegangan daya lebih besar dari standardnya, maka secara otomatis cahayanya akan lebih terang dan membuatnya menembus diffuser sehingga menyebabkan bleeding pada bagian layar.

Cara Cek Seberapa Parah Kondisi Screen Bleeding Pada Layar HP Xiaomi Anda

Screen bleeding pada layar HP Xiaomi itu awalnya memang tidak tampak. Namun sebenarnya ada banyak sekali HP Xiaomi yang mengalami masalah tersebut.

Jika anda sudah mengetahui bahwa layar HP Xiaomi anda mengalami bleeding sejak dini, anda sebenarnya bisa lebih mudah mengatasinya. Kenapa? Karena kerusakannya masih belum begitu fatal.

Lalu bagaimana caranya cek apakah layar HP Xiaomi anda sudah mengalami kerusakan bleeding atau belum? Berikut ini adalah beberapa cara cek kondisinya:

  1. Dengan membuka gambar berwarna gelap

Cara pertama untuk mengetahui apakah layar HP Xiaomi yang anda miliki mengalami bleeding atau belum adalah dengan mencoba membuka gambar berwarna gelap.

Setelah membuka gambar berwarna gelap, naikkan brightness layar HP Xiaomi anda. Jika setelah brightness dinaikkan muncul cahaya berwarna putih di bagian pinggir layar, itu tandanya HP Xiaomi anda sudah mengalami screen bleeding.

  1. Gunakan kode ####1111#

Selain dengan membuka gambar warna gelap, anda juga bisa cek apakah HP Xiaomi anda mengalami masalah screen bleeding atau tidak dengan memasukkan kode ####1111# pada tombol dial.

Setelah itu, pilih item test. Jika muncul cahaya putih di pinggir layar, maka HP Xiaomi anda sudah mengalami masalah bleeding.

Note:

Secara mudahnya, semakin terang cahaya putih yang bisa anda lihat pada bagian pinggir layar HP, maka HP Xiaomi anda mengalami masalah screen bleeding yang makin parah.

Solusi Terbaik Dalam Mengatasi Masalah Screen Bleeding Pada Layar HP Xiaomi

Meskipun awalnya memang terlihat samar-samar, namun jika dibiarkan dan tidak segera diatasi, masalah screen bleeding pada layar HP Xiaomi itu lama kelamaan juga akan semakin parah.

Ketika sudah parah, masalah bleeding pada bagian layar HP Xiaomi tersebut akan membuat anda semakin tidak nyaman ketika menggunakan HP untuk apapun.

Lalu bagaimana caranya mengatasi masalah screen bleeding tersebut? Selain meminta garansi dari distributor Xiaomi (Jika memang masih dalam masa garansi), anda bisa mengatasi masalah bleeding pada layar HP Xiaomi tersebut dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Gunakan tema berwarna cerah pada HP Xiaomi anda

Solusi pertama ini memang tidak bisa dikatakan 100% ampuh untuk mengatasi masalah screen bleeding pada layar HP Xiaomi.

Namun dari semua solusi untuk mengatasi masalah bleeding pada layar HP Xiaomi, cara ini adalah yang paling cepat, mudah, dan juga gratis.

Solusi pertama ini adalah dengan menggunakan tema dan wallpaper berwarna cerah pada HP Xiaomi anda. Kenapa harus menggunakan tema dan wallpaper berwarna cerah?

Ketika anda menggunakan tema dan juga wallpaper berwarna cerah pada HP Xiaomi yang mengalami masalah screen bleeding, maka masalah tersebut bisa dengan mudah disamarkan.

  • Ganti satu set LCD HP Xiaomi anda dengan yang baru

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah screen bleeding pada layar HP Xiaomi adalah dengan mengganti satu set LCD HPnya.

Dengan mengganti satu set LCD beserta dengan backlight, maka secara otomatis masalah bleeding pada bagian layar HP Xiaomi yang anda miliki akan lenyap seketika.

Hanya saja, mau tidak mau anda harus rela merogoh dana yang tidak sedikit untuk bisa mengganti satu set LCD HP Xiaomi anda.

Jadi bagaimana? Solusi apa yang kemungkinan besar akan anda gunakan untuk mengatasi masalah screen bleeding pada layar HP Xiaomi yang anda miliki?

Jika dana anda memang terbatas, sebenarnya menggunakan tema dan wallpaper berwarna cerah saja sudah cukup untuk menyamarkan masalah screen bleeding pada HP Xiaomi anda sementara waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *