Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Android Tanpa Root

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Android Tanpa Root

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Android Tanpa RootCara mengembalikan SMS yang terhapus di Android tanpa root itu memang tidak banyak. Selain pilihan caranya yang tidak banyak, banyak orang menganggap bahwa proses recovery data apapun di HP Android tanpa melakukan root itu hampir tidak mungkin bisa berhasil.

Namun ternyata, memang ada cara mengembalikan SMS yang terhapus di Android tanpa root dan kemungkinan berhasilnya juga cukup tinggi, terutama jika SMS yang tidak sengaja terhapus belum terlalu lama.

Jika anda mau tau bagaimana caranya untuk mengembalikan SMS yang tidak sengaja terhapus dari HP Android dan anda tidak mau melakukan root terlebih dahulu, anda bisa simak caranya di dalam artikel ini.

Cara Mengembalikan SMS yang Tidak Sengaja Terhapus di HP Android Tanpa Root Dengan Menggunakan PC ataupun Laptop

Sebenarnya memang masih ada banyak cara mengembalikan SMS yang terhapus di Android tanpa root. Namun karena anda tidak mau melakukan root di HP Android anda, maka sudah pasti anda mau tidak mau harus menggunakan bantuan PC ataupun laptop untuk melakukan recovery data SMS yang tidak sengaja terhapus.

Lalu bagaimana caranya mengembalikan SMS yang tidak sengaja terhapus di HP Android tanpa perlu root dengan menggunakan PC ataupun laptop tersebut? Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama, unduh dan pasang terlebih dahulu software Wondershare Dr Fone di PC ataupun laptop. Anda bisa mengunduh file Wondershare Dr Fone tersebut langsung dari website resminya.
  2. Setelah selesai mengunduh dan juga memasang software Wondershare Dr Fone di PC ataupun laptop anda, selanjutnya anda wajib mengaktifkan USB debugging di HP Android yang mau anda recovery SMSnya.
  3. Cara untuk mengaktifkan USB debugging di HP Android adalah dengan masuk ke menu pengaturan > about > tap beberapa kali pada bagian build number hingga muncul tulisan you are now a developer > keluar dan cari menu developer > centang menu USB debugging.
  4. Jika HP Android anda sudah diaktifkan mode USB debuggingnya, anda bisa menghubungkan HP Android tersebut ke PC ataupun laptop yang sudah anda pasang software Wondershare Dr Fone.
  5. Buka software Wondershare Dr Fone yang sudah anda pasang di HP Android anda.
  6. Tunggu hingga software Wondershare Dr Fone mendeteksi HP Android anda. Jika muncul pop up yang meminta ijin untuk menghubungkan antara software Wondershare Dr Fone dengan HP Android anda, tekan tombol allow.
  7. Setelah itu, tekan tombol start untuk memulai proses scanning file-file yang sudah terhapus di memori HP Android anda. Tunggu hingga proses scanningnya selesai.
  8. Jika proses scanningnya sudah selesai, pilih tab messaging di dalam software Wondershare Dr Fone. Setelah itu, centang mana saja SMS yang sudah anda hapus dan mau anda recovery di HP Android.
  9. Terakhir, tekan tombol recover yang berada di pojok kanan bawah software Wondershare Dr Fone. Tunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah selesai, maka anda seharusnya sudah bisa melihat SMS yang sebelumnya tidak sengaja anda hapus sudah muncul lagi di SMS HP Android anda.

Cara Mempermudah Proses Recovery SMS yang Tidak Sengaja Terhapus di HP Android

Bagi anda yang tidak sengaja menghapus SMS penting di HP Android anda dan berhasil menerapkan cara mengembalikan SMS yang terhapus di Android tanpa root yang sudah dijelaskan di dalam artikel ini, selanjutnya anda disarankan untuk melakukan tindakan preventif agar hal tersebut tidak sampai anda alami lagi.

Salah satu cara untuk mencegah, atau minimal mempermudah proses recovery jika suatu saat anda tidak sengaja menghapus SMS penting lagi di HP Android anda, adalah dengan menggunakan aplikasi SMS Backup & Restore. Aplikasi SMS Backup & Restore tersebut bisa anda unduh secara gratis di Playstore.

Lalu bagaimana caranya mempermudah proses recovery SMS jika nanti anda tidak sengaja menghapus SMS penting lagi di HP Android anda? Ikuti langkah-langkah cara untuk menggunakan aplikasi SMS Backup & Restore berikut ini:

  1. Buka aplikasi SMS Backup & Restore yang sudah anda pasang di dalam HP Android anda.
  2. Setelah itu, pilih set up a backup.
  3. Tentukan apa saja yang mau anda backup. Anda bisa backup SMS dan juga kontak telepon dengan menggunakan satu aplikasi ini.
  4. Jika sudah, tentukan dimana anda mau backup data tersebut. Anda bisa memilih backup data di Google Drive, Dropbox, ataupun di memori internal HP Android anda.
  5. Setelah itu, tentukan kembali seberapa sering anda mau melakukan sinkronisasi data yang anda backup di HP Android dengan data di server.
  6. Jika semuanya sudah anda atur, maka anda hanya perlu menekan tombol back up now yang berada di pojok kanan bawah.

Lalu bagaimana cara mengembalikan SMS yang terhapus di Android tanpa root jika anda sudah menggunakan aplikasi SMS Backup & Restore tersebut?

Jika anda sudah menggunakan aplikasi SMS Backup & Restore dan SMS anda sudah dibackup secara otomatis, anda hanya perlu masuk kedalam aplikasi tersebut dan memilih tombol 3 garis horizontal di bagian kiri atas.

Setelah itu, tekan menu restore jika anda mau mengembalikan SMS yang tidak sengaja anda hapus di HP Android anda.

Bagaimana? Cukup sederhana dan mudah bukan cara mengembalikan SMS yang terhapus di Android tanpa root itu? Jadi jika nanti anda tidak sengaja menghapus SMS penting di HP Android, tak perlu panik lagi ya.

Tinggalkan komentar