Cara Membuat Kinerja HP Android Lebih Ringan dan Cepat

Cara Membuat Kinerja HP Android Lebih Ringan dan Cepat

Cara Membuat Kinerja HP Android Lebih Ringan dan CepatCara meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan dan cepat memang adalah satu hal yang cukup sering dicari, terutama oleh mereka yang masih menggunakan HP Android seri lama.

Kenapa informasi tersebut lebih sering dicari oleh mereka yang masih menggunakan HP Android seri lama? Pasalnya, pengguna HP Android seri lama itu memang mulai merasakan penurunan performa karena usia HPnya yang sudah cukup lama. Selain itu, spesifikasi HP Android seri lama juga sudah tidak sesuai lagi digunakan untuk aplikasi-aplikasi terbaru di jaman sekarang.

Oleh sebab itu, mereka mencari bagaimana caranya agar HP Android bisa kembali memiliki performa yang cepat seperti baru lagi.

Apakah anda juga sedang mencari cara meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan dan cepat seperti kebanyakan orang? Apakah anda juga ingin HP Android yang anda miliki bisa lebih cepat dan ringan performanya?

Jika anda ingin performa HP Android anda bisa meningkat lagi, anda bisa mengikuti beberapa cara yang dibagikan di dalam artikel ini.

Tingkatkan Ruang Penyimpanan yang Kosong di HP Android Anda

Cara pertama untuk meningkatkan kinerja HP Android anda agar bisa lebih ringan dan juga cepat adalah dengan meningkatkan ruang penyimpanan internal yang kosong.

Apa hubungannya besar ruang penyimpanan internal yang kosong dengan performa dari HP Android anda?

Perlu anda ketahui, semakin besar ruang penyimpanan internal HP Android yang kosong, maka akan semakin bagus performa HP Android anda. Pasalnya, sistem Android bisa menyimpan lebih banyak file cache sementara sehingga kinerja HP Android anda dalam membuka aplikasi menjadi lebih cepat dan ringan.

Lalu masalahnya, bagaimana caranya meningkatkan ruang penyimpanan yang kosong di HP Android anda? Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan ruang penyimpanan internal yang kosong di HP Android:

  • Hapus aplikasi yang memang tidak pernah anda gunakan lebih dari 1 bulan

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk menambah ruang penyimpanan yang kosong di HP Android anda adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak anda pakai.

Umumnya, anda bisa menghapus aplikasi yang sudah tidak pernah anda gunakan lagi selama 1 bulan. Pasalnya, itu berarti anda benar-benar tidak membutuhkan aplikasi tersebut jika selama 1 bulan tidak pernah anda gunakan.

  • Hapus cache di ruang penyimpanan secara berkala

Selain menghapus aplikasi yang tidak anda gunakan lagi selama 1 bulan, anda juga disarankan untuk rutin menghapus cache yang tersimpan di dalam ruang penyimpanan internal HP Android anda.

Bukankah file cache itu membantu mempercepat kinerja HP Android anda? Ya, memang cache itu membantu mempercepat kinerja HP Android anda, namun ada beberapa file cache yang sifatnya justru membuat ruang penyimpanan internal HP Android menjadi penuh.

File cache yang tidak dianjurkan untuk dihapus adalah file cache yang tersimpan di dalam aplikasi. Sedangkan file cache yang tersimpan di ruang penyimpanan internal HP Android justru disarankan untuk rutin dihapus.

  • Perbarui sistem operasi Android

Cara terakhir untuk bisa meningkatkan ruang penyimpanan internal yang kosong di HP Android adalah dengan memperbarui sistem operasi Android di HP anda.

Perlu anda ketahui, dengan memperbarui sistem operasi Android, anda bisa meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan internal di HP Android anda.

Dengan meningkatnya kapasitas ruang penyimpanan internalnya, secara otomatis ruang penyimpanan internal yang kosong di HP Android anda juga jadi bertambah bukan?

Lakukan Factory Reset di HP Android

Selain meningkatkan ruang penyimpanan internal HP Android yang kosong, cara meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan dan cepat selanjutnya adalah dengan melakukan factory reset.

Apa yang dimaksud dengan factory reset itu? Yang dimaksud dengan factory reset adalah anda mengembalikan pengaturan HP Android yang anda miliki seperti pengaturan pabrikan.

Secara mudahnya, factory reset sama dengan mengembalikan kondisi HP Android anda seperti saat pertama kali baru anda gunakan (sistemnya saja bukan kondisi fisiknya).

Jika sudah dikembalikan ke pengaturan pabrikan, maka secara otomatis sistem Android di dalam HP andapun kembali normal dan tidak dipenuhi dengan file-file yang menumpuk.

Lalu bagaimana caranya melakukan factory reset di HP Android anda? ikuti langkah-langkah berikut ini jika anda ingin melakukan factory reset di HP android:

  1. Buka pengaturan atau settings dari HP Android anda (bukan settings Google).
  2. Setelah itu, scroll kebawah dan cari menu backup dan reset.
  3. Pilih factory data reset.
  4. HP Android anda biasanya akan restart dan masuk kedalam mode penghapusan.
  5. Tunggu prosesnya sampai selesai.
  6. Jika sudah selesai, anda akan dibawa kedalam mode start up dimana anda harus menghubungkan HP Android anda kembali dengan jaringan WIFI (jika tersedia) dan juga menghubungkan HP Android anda dengan akun Google.

Dari 2 cara meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan dan cepat yang sudah dibahas di dalam artikel ini, kira-kira cara yang mana yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan dan bisa memberikan hasil paling signifikan?

Tinggalkan komentar