Cara Menghapus Malware di Android yang Sulit Dihapus

Cara Menghapus Malware di Android yang Sulit Dihapus

Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus
Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara menghapus malware di Android yang membandel atau sulit untuk dihapus adalah hal yang paling sering dicari oleh pengguna smartphone Android. Kenapa banyak dicari? Semua itu kemungkinan besar disebabkan karena rendahnya keamanan pada sistem Android.

Oleh karena keamanannya rendah, maka tidak heran jika sistem Android yang banyak digunakan smartphone jaman sekarang itu sangat mudah disusupi file malware.

File malware sendiri bisa menyebabkan banyak kerugian bagi pengguna smartphone Android. Selain bisa mencuri data-data penting tanpa sepengetahuan anda, file malware juga bisa meningkatkan konsumsi daya smartphone anda.

Sayangnya, file malware itu terkadang cukup sulit untuk dihilangkan. Ada beberapa file malware yang bahkan sangat sulit dihapus jika sudah terlanjur masuk kedalam sistem Android.

Apakah anda merupakan salah satu orang yang sedang mencari cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di Android yang diduga adalah folder tempat bersembunyinya malware?

Jika anda mau tau bagaimana caranya untuk menghapus file malware yang membandel di sistem Android, anda bisa pelajari lebih lengkap caranya di dalam artikel ini.

Cara Hapus File Malware di Smartphone Android Dengan Aplikasi

Seperti yang sudah disebutkan, cara menghapus malware di Android memang ada banyak. Dari sekian banyak cara, memang yang paling mudah untuk menghapus file-file yang diduga file malware adalah dengan menggunakan aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa macam aplikasi yang bisa mempermudah proses pencarian sekaligus menghapus file-file yang diduga file malware di dalam smartphone Android:

  1. Clean Master

Aplikasi pertama yang bisa dengan mudah membantu mencari sekaligus menghapus file malware di dalam smartphone Android anda adalah aplikasi Clean Master.

Aplikasi Clean Master ini memang dibuat utamanya untuk membersihkan penggunaan RAM pada smartphone Android. Namun sekarang, aplikasi tersebut juga ditambahkan fitur untuk mendeteksi sekaligus menghapus file malware.

Pasalnya, salah satu penyebab kenapa kapasitas RAM di smartphone Android itu cepat habis atau penuh adalah karena adanya file malware di dalam sistemnya.

Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi Clean Master ini secara gratis dengan mengunduhnya di Playstore.

  1. Malware Bytes

Jika ternyata Clean Master tidak sanggup membantu menghapus file malware yang membandel, anda bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan aplikasi Malware Bytes.

Aplikasi Malware Bytes ini jauh lebih spesifik jika dibandingkan dengan aplikasi Clean Master. Malware Bytes memang dibuat untuk menemukan dan menghapus berbagai macam jenis file malware pada sistem Android.

Jadi aplikasi ini hanya bisa mencari dan melakukan penghapusan pada file-file yang diduga sebagai file malware saja. Aplikasi ini tidak bisa melakukan fitur lain seperti aplikasi Clean Master.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba kedahsyatan Malware Bytes dalam menemukan dan menghapus file malware, anda bisa mengunduhnya secara gratis di Playstore.

Cara Hapus File Malware Membandel di Smartphone Android Dengan Factory Reset

Jika memang tidak ada satupun yang berhasil menghapus file ataupun folder yang diduga adalah malware di smartphone Android anda, maka anda bisa mencoba cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di Android dengan melakukan factory reset.

Kenapa factory reset? Karena dengan melakukan factory reset, secara otomatis semua file yang ada di dalam smartphone Android anda akan dikembalikan seperti ketika pertama kali anda baru menghidupkan smartphonenya.

Dengan begitu, secara otomatis file malware yang membandel sudah tidak akan tersimpan lagi di dalam smartphone Android anda bukan?

Lalu bagaimana caranya melakukan factory reset pada smartphone Android anda? Cara melakukan factory reset adalah dengan masuk kedalam menu pengaturan atau setting. Pilih menu backup & restore.

Jika sudah, pilih factory reset data. Anda perlu memasukkan akun Google yang anda sinkronkan dengan smartphone Android anda jika mau melakukan factory reset.

Ketika anda sudah melakukan semua hal tersebut, maka anda hanya perlu menunggu proses factory resetnya selesai.

Note:

Sayangnya, factory reset sama sekali tidak dapat membantu mengatasi malware yang tersimpan di dalam SD card. Pasalnya, factory reset hanya akan mengembalikan file-file ke versi semula pada penyimpanan internal smartphone Android saja.

Oleh sebab itu, jika masalah anda adalah file malware yang ada di SD Card, maka anda perlu menggunakan cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di memory card Android.

Cara Menghapus File Malware yang Tersimpan di SD Card Smartphone Android

Seperti yang sudah dibahas, memang factory reset tidak akan bisa membantu menghapus file malware yang tersimpan di dalam memori eksternal smartphone Android anda.

Lalu bagaimana jika file malware yang sulit dihapus itu justru tersimpan di dalam memori eksternal atau SD Card smartphone Android anda? Bagaimana cara menghapus malware di Android yang sulit untuk dihapus tersebut?

Jika file malware yang tidak bisa dihapus itu tersimpan di SD Card smartphone Android, maka anda hanya perlu menghubungkan smartphone anda tersebut ke PC ataupun laptop.

Setelah itu, hapus file ataupun folder yang anda duga malware secara manual dengan menggunakan fitur explorer pada PC maupun laptop.

Selain itu, andapun bisa melakukan format pada SD Card smartphone Android anda untuk menghapus file malware yang membandel sampai ke akarnya.

Bagaimana? Ada cukup banyak bukan solusi atau cara menghapus malware di Android yang tidak bisa dihapus itu? Pilih cara yang menurut anda paling sederhana terlebih dahulu.

Jika memang tidak bisa, baru coba gunakan cara-cara yang lebih kompleks seperti yang sudah dijelaskan di dalam artikel ini.

Tinggalkan komentar