Cara Mengatasi Touchscreen Error Saat Charge Pada HP Android

Cara Mengatasi Touchscreen Error Saat Charge Pada HP Android

Cara Mengatasi Touchscreen Error Saat Charge Pada HP AndroidCara mengatasi touchscreen error saat charge pada HP Android itu tidak selalu harus dengan melakukan factory reset. Bahkan bisa dikatakan masalah error pada touchscreen HP Android saat proses charge baterai tersebut kebanyakan tidak disebabkan dari software HP Android.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah touchscreen yang sering error ketika HP Android di-charge baterainya tersebut? Bagi anda yang mau tau bagaimana solusi untuk mengatasi touchscreen HP Android yang error setiap kali charge baterai, anda bisa temukan solusi selengkapnya di dalam artikel ini.

Macam-Macam Penyebab Touchscreen HP Android Error Saat Charge Baterai

Sebelum anda mempelajari bagaimana cara mengatasi touchscreen error saat charge pada HP Android, terlebih dahulu anda harus tau mengenai apa yang bisa menjadi pemicu masalah error pada touchscreen HP Android tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, penyebab kenapa touchscreen HP Android bisa sampai error hanya ketika sedang proses charge itu mayoritas adalah karena hardware bukan software.

Berikut ini adalah beberapa hal yang paling sering jadi penyebab HP Android sampai error touchscreennya ketika sedang proses charge:

  • Kabel USB atau charger yang anda gunakan untuk charge baterai HP Android rusak

Hal pertama yang paling sering jadi penyebab masalah touchscreen error pada HP Android saat proses charge adalah karena kabel USB yang digunakan rusak.

Ketika kabel USB yang anda gunakan untuk charge baterai HP sudah dalam kondisi rusak, maka kabel tersebut sudah tidak bisa menghantarkan arus yang sesuai dengan yang dibutuhkan HP Android anda.

Ketika arus yang masuk ke HP Android anda tidak stabil atau lebih besar dari semestinya, maka touchscreen adalah bagian yang paling sering terkena imbasnya.

Touchscreen HP Android bisa bergerak sendiri, tidak responsif seperti biasanya, dan bahkan tidak berfungsi sama sekali.

  • Charger yang anda gunakan bukan charger original

Hal kedua yang juga bisa menjadi penyebab touchscreen HP Android error ketika sedang di-charge adalah charger yang anda gunakan kemungkinan bukan charger original.

Yang dimaksud dengan charger original ini bukan hanya charger KW saja. Yang dimaksud dengan charger original itu adalah charger bawaan HP Android anda.

Jadi meskipun charger yang anda gunakan benar-benar original, charger tersebut belum tentu aman digunakan untuk HP Android lain.

Kenapa? Karena setiap HP Android itu membutuhkan aliran daya dengan tegangan yang berbeda-beda. Dan semua itu sudah disesuaikan dengan charger bawaannya.

3 Cara Mengatasi Masalah Touchscreen HP Android yang Error Hanya Ketika Sedang Proses Charge Baterai Saja

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, sekarang anda bisa mencoba mempelajari bagaimana cara mengatasi touchscreen error saat charge pada HP Android.

Sebenarnya, cara yang paling cepat dan tepat untuk mengatasi masalah touchscreen HP Android yang error hanya saat di-charge tersebut adalah dengan menggunakan charger original bawaan HP Android yang anda miliki saja.

Namun jika memang anda tidak bisa mendapatkan charger original untuk tipe dan merek HP Android anda lagi, maka masih ada 3 cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini adalah 3 cara mengatasi touchscreen error saat charge pada HP Android tanpa harus membeli charger original sesuai dengan merek dan tipe HP Android anda:

  1. Charge HP Android menggunakan bantuan laptop ataupun PC

Jika anda memiliki laptop ataupun PC, anda bisa menggunakannya untuk mengisi ulang baterai HP Android.

Mengisi ulang baterai HP Android melalui USB laptop ataupun PC itu jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan charger KW.

Pasalnya, arus yang dihantarkan dari USB laptop ataupun PC itu jauh lebih stabil jika dibandingkan dengan arus yang dihantarkan dari charger KW.

Hanya saja, proses pengisian daya baterai melalui USB laptop maupun PC memang tidak bisa cepat. Jadi mau tidak mau anda harus lebih bersabar menunggu baterai HP Android anda terisi sampai penuh.

  1. Tambahkan ground pada charger KW

Jika anda tidak memiliki laptop ataupun PC dan tidak bisa menemukan charger original untuk tipe dan merek HP Android anda, maka anda bisa tetap menggunakan charger KW yang anda miliki.

Hanya saja, anda harus menambahkan ground pada charger KW anda tersebut. Cara untuk menambahkan ground pada charger HP Android KW adalah dengan melilitkan kabel tembaga kecil di bagian socket yang terhubung ke HP Android anda.

Setelah itu, tempelkan ujung kabel tembaga yang satunya dengan tembok ataupun lantai. Dengan menggunakan ground tersebut, kelebihan arus yang dihasilkan charger KW yang anda miliki bisa dialirkan ke tanah.

Meskipun bisa mengurangi munculnya masalah error pada touchscreen HP Android, sebenarnya penggunaan ground pada charger KW HP Android ini juga bukan solusi terbaik.

Hanya saja, hal ini bisa dijadikan sebagai solusi sementara sebelum anda bisa mendapatkan charger original yang sesuai dengan tipe dan merek HP Android anda.

  1. Gunakan power bank untuk mengisi baterai HP Android

Jika memang anda tidak bisa menemukan charger original yang sesuai dengan tipe dan merek HP Android anda dipasaran, maka solusi terbaik adalah dengan membeli power bank.

Daripada terus menerus mengisi daya baterai HP Android menggunakan charger KW yang dipasang ground, anda lebih baik mengisi daya baterai dengan menggunakan power bank.

Pasalnya, arus yang disalurkan dari power bank itu jauh lebih kecil sehingga tidak berpotensi merusak komponen penting di dalam HP Android anda.

Jadi bagaimana? Sekarang anda sudah paham bukan dengan bagaimana cara mengatasi touchscreen error saat charge pada HP Android itu?

Tinggalkan komentar