Unlock Bootloader Xiaomi Stuck 50%? Begini Solusinya

oleh -38 views

Unlock bootloader Xiaomi itu bukanlah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Pasalnya, Xiaomi memang secara resmi memberikan ijin dan memberikan akses pada para pengguna untuk melakukan unlock bootloader pada produknya.

Hanya saja, terkadang prosesnya bisa stuck ketika proses baru berjalan 50% dan bahkan sampai muncul masalah couldn`t verify device.

Sebagai orang awam, tentunya jika anda mengalami masalah tersebut, kebanyakan dari anda pasti langsung panik bukan?

Lalu sebenarnya apa saja yang paling sering jadi penyebab gagalnya proses unlock bootloader dari HP Xiaomi tersebut?

Jika sudah terlanjur mengalami stuck 50% dari proses unlock bootloader tersebut, bagaimana caranya mengatasinya?

Bagi anda yang sudah mencoba unlock bootloader dan ternyata mengalami masalah seperti stuck pada 50% dan couldn’t verify device, anda bisa pelajari lebih lanjut bagaimana cara mengatasi masalah tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Apa yang Bisa Menjadi Penyebab Gagalnya Proses Unlock Bootloader Xiaomi?

Sebagian besar dari anda yang mengalami masalah gagal dalam proses unlock bootloader Xiaomi mungkin penasaran mengenai apa yang bisa jadi penyebab masalah tersebut.

Jika diperhatikan, memang ada banyak sekali faktor yang bisa menjadi pemicu munculnya masalah stuck 50% dan bahkan couldn’t verify device ketika unlock.

Namun demikian, penyebab utamanya adalah karena adanya bug pada sistem bootloader HP Xiaomi sendiri. Karena ada bug, maka secara otomatis proses unlock bootloader tidak bisa dijalankan secara sempurna dan mengakibatkan munculnya masalah stuck dan perangkat tidak bisa dideteksi.

Apa yang Anda Butuhkan Untuk Mengatasi Masalah Stuck 50% dan Couldn’t Verify Device?

Jika anda belum bisa unlock bootloader HP Xiaomi yang anda miliki karena prosesnya stuck di 50% ataupun muncul informasi couldn’t verify device, sebelum mempelajari bagaimana caranya mengatasi masalah gagalnya proses unlock bootloader Xiaomi tersebut, anda terlebih dahulu harus mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan berikut ini:

  • Software MI Flash

Hal pertama yang anda perlukan untuk mengatasi masalah gagalnya unlock bootloader pada HP Xiaomi adalah software MI Flash. Software MI Flash tersebut perlu anda pasang di komputer ataupun laptop.

Tak perlu khawatir, software MI Flash ini termasuk freeware atau software gratisan. Anda bisa mendapatkan file MI Flash di link ini.

  • Akun MI yang sudah mendapatkan ijin melakukan unlock bootloader

Selain software MI Flash, anda juga harus sudah memiliki akun MI jika mau melakukan unlock bootloader.

Tak hanya sekedar akun MI saja, anda juga harus meminta ijin terlebih dahulu pada Xiaomi untuk melakukan unlock bootloader. Anda bisa meminta ijin melalui website resmi Xiaomi.

Anda baru bisa melakukan unlock bootloader jika akun MI yang anda miliki sudah diberikan ijin dari Xiaomi resmi.

Langkah-Langkah Mengatasi Masalah Gagal Unlock Bootloader Xiaomi Stuck 50% dan Couldn’t Verify Device

Setelah semua yang dibutuhkan siap, anda bisa mulai mengatasi masalah gagalnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah-langkah yang perlu dilakukan pada HP Xiaomi Anda:
  1. Pertama-tama, masuk terlebih dahulu kedalam menu pengaturan GPS pada HP Xiaomi anda. Caranya adalah dari menu pengaturan atau setting, masuk ke menu additional setting. Setelah itu, masuk ke menu privacy. Dilanjutkan dengan masuk ke menu location dan pilih high accuracy.
  2. Selain itu, aktifkan juga pengaturan Android Device Manager di dalam menu additional settings.
  3. Selanjutnya, aktifkan fitur find my device dari menu pengaturan MI Cloud di dalam HP Xiaomi anda.
  4. Hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah masuk kedalam mode developer. Caranya adalah dengan masuk kedalam menu about dan mengetuk versi MIUI beberapa kali. Jika berhasil, anda bisa menemukan menu tambahan Developer Option di dalam menu Additional Setting.
  5. Masuk kedalam menu Developer Setting tersebut dan aktifkan USB Debugging dan juga OEM Unlocking.
  6. Jika sudah, pilih menu MI Unlock Status dan pilih menu add account and devices.

Jika sudah, selanjutnya lakukan langkah-langkah berikutnya di komputer ataupun laptop anda.

  • Langkah-langkah yang perlu dilakukan pada komputer ataupun laptop anda
  1. Buka browser di komputer atau laptop anda dan akses website “mi.com”.
  2. Setelah berhasil mengakses website tersebut, login kedalam akun MI yang sudah diberikan ijin untuk melakukan proses unlock bootloader Xiaomi.
  3. Pilih menu find my device. Pastikan panah penanda pada peta berwarna biru bukan berwarna abu-abu. Pasalnya jika berwarna abu-abu, itu berarti device anda tidak terdeteksi.
  4. Pilih alarm. Jika HP Xiaomi anda berbunyi, maka perangkat anda secara otomatis sudah terdeteksi oleh sistem Xiaomi.
  5. Setelah itu, matikan HP Xiaomi anda. kemudian hidupkan kembali dengan menggunakan kombinasi tombol volume bawah dan power untuk masuk kedalam mode Fastboot.
  6. Jika sudah, kembali lagi pada komputer atau laptop anda. Buka software MI Flash yang sudah anda pasang. Setelah itu, login kedalam akun MI yang sudah diberikan ijin untuk melakukan proses unlock bootloader melalui software MI Flash.
  7. Hubungkan HP Xiaomi anda yang masih dalam mode Fastboot ke komputer atau laptop dengan menggunakan kabel data.
  8. Setelah terhubung, anda hanya perlu menekan tombol unlock pada software MI Flash di komputer ataupun laptop anda.

Note:

Untuk mengatasi masalah gagalnya proses unlock bootloader Xiaomi karena stuck di 50% ataupun karena couldn’t verify device ini, baik komputer ataupun laptop dan HP Xiaomi yang mau anda unlock bootloadernya harus terkoneksi dengan internet.

Pasalnya, anda perlu melakukan verifikasi pada sistem Xiaomi melalui fitur find my device untuk mencegah munculnya masalah couldn’t verify device ketika melakukan proses unlock bootloader HPnya nanti.

Cara Cek Apakah Proses Unlock Bootloader Xiaomi Sudah Berhasil atau Belum

Setelah mempelajari bagaimana caranya mengatasi masalah gagalnya proses karena stuck di 50% ataupun karena masalah couldn’t verify device, pastinya ada beberapa dari anda yang masih belum puas dan ingin tau bagaimana caranya memastikan bahwa HP Xiaomi anda sudah berhasil di unlock bootloadernya bukan?

Jika anda mau tau apakah proses unlock bootloader di HP Xiaomi anda sukses atau tidak, cara paling mudah adalah dengan melihat informasi yang tertulis di bagian bawah layar HP Xiaomi anda ketika booting.

Jika anda bisa melihat tulisan unlock ketika HP Xiaomi anda sedang booting, itu berarti proses yang anda lakukan sudah berhasil. Namun jika tulisannya locked, itu berarti kondisi HP Xiaomi anda masih terproteksi bootloadernya dan tidak bisa dimodifikasi.

Jadi sekarang anda sudah paham bukan bagaimana caranya mengatasi masalah gagalnya unlock bootloader Xiaomi yang ditunjukkan dengan gejala stuck 50% dan bahkan “couldn’t verify device” itu?

One thought on “Unlock Bootloader Xiaomi Stuck 50%? Begini Solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *