Cara Memperbaiki HP Android yang Gagal Masuk Mode Recovery

oleh -16 views

Cara Memperbaiki HP Android yang Gagal Masuk Mode RecoveryCara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk recovery itu tergantung dari penyebabnya. Pasalnya, memang HP Android yang tidak bisa masuk kedalam recovery mode itu tidak hanya karena ada kesalahan dalam sistemnya, namun terkadang hal tersebut juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada keytone di tombol power ataupun volume HP Android.

Lalu bagaimana cara memastikan apa yang jadi penyebab kenapa HP Android yang anda miliki tidak bisa masuk kedalam mode recovery, dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Bagi anda yang mau tau lebih lengkap tentang cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk recovery, anda bisa cek penjelasannya lebih lengkap di dalam artikel ini.

Cara Memastikan Penyebab HP Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Seperti yang sudah dijelaskan, memang penyebab HP Android tidak bisa masuk recovery mode itu bisa karena software dan bisa juga karena hardware.

Pada umumnya, masalah hardware yang bisa menjadi penyebab HP Android tidak mau masuk mode recovery tersebut adalah karena adanya kerusakan pada tombol power ataupun volume.

Tombol power dan volume memang adalah 2 tombol inti yang digunakan untuk mengakses recovery mode pada HP Android.

Lalu bagaimana caranya membedakan apakah penyebab HP Android tidak bisa masuk recovery mode adalah karena masalah hardware ataupun software? Caranya sebenarnya cukup sederhana.

Anda hanya cukup tes apakah fungsi dari tombol power dan tombol volume di HP Android anda dalam kondisi yang normal. Jika tombol power dan volume HP Android anda berfungsi secara normal ketika HP dalam kondisi ON, maka itu berarti tidak ada masalah pada bagian hardware dan kemungkinan besar penyebab HP Android anda tidak mau masuk recovery mode adalah karena adanya masalah software.

Cara Mengatasi Masalah HP Android Tidak Mau Masuk Mode Recovery Karena Kerusakan Hardware

Jika setelah dicek ternyata memang penyebab HP Android anda tidak mau masuk mode recovery adalah karena masalah hardware, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk recovery karena masalah hardware:

  • Bersihkan bagian tombol HP Android

Cara pertama untuk memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk mode recovery karena masalah pada hardware adalah dengan membersihkan bagian tombol HP Android anda.

Terkadang, tombol power dan volume yang biasa digunakan untuk mengakses mode recovery di HP Android bisa tidak berfungsi karena dipenuhi dengan debu.

  • Ganti fleksibel tombol power dan volume HP Android

Jika setelah dibersihkanpun tombol power dan volume HP Android anda masih belum bisa berfungsi, maka solusi terakhirnya adalah dengan mengganti fleksibel tombol power dan volume tersebut.

Jika anda tidak berpengalaman untuk melakukan penggantiannya, anda bisa bawa HP Android yang anda miliki ke tempat servis HP terdekat.

Cara Mengatasi HP Android yang Tidak Mau Masuk Mode Recovery Karena Kerusakan Software

Jika ternyata penyebab kenapa HP Android anda tidak mau masuk mode recovery adalah karena kerusakan software, maka cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk recovery tersebut jelas berbeda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi HP Android yang tidak bisa masuk mode recovery karena adanya kerusakan pada software:

  • Gunakan fitur backup dan reset data

Jika memang sistem Android di dalam HP anda tidak mau masuk kedalam mode recovery, maka anda bisa menggunakan fitur backup dan reset data terlebih dahulu.

Fitur backup dan reset data di dalam HP Android tersebut akan mengembalikan sistem Android ke pengaturan pabrik, dimana sistemnya masih berjalan secara optimal.

Cara untuk menggunakan fitur tersebut adalah dengan masuk ke menu pengaturan dan cari menu backup dan reset > factory data reset. Setelah itu, tekan tombol reset device yang muncul di bawah layar.

Note:

Sebelum melakukan factory data reset, pastikan anda sudah backup terlebih dahulu data-data penting di memori internal ke memori eksternal.

Pasalnya, proses factory data reset ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal, termasuk foto, video, dan juga aplikasi anda.

  • Gunakan aplikasi Quick Boot

Selain menggunakan fitur backup dan reset yang sudah tersedia di dalam setiap HP Android, anda juga bisa mengatasi masalah HP Android yang tidak mau masuk mode recovery dengan menggunakan aplikasi Quick Boot.

Aplikasi Quick Boot sayangnya tidak bisa anda dapatkan dari Playstore. Aplikasi tersebut bisa anda unduh secara gratis dari APK Pure.

Sebagai tambahan, Quick Boot juga baru bisa berjalan optimal di HP Android yang sudah diroot. Jadi jika HP Android anda belum diroot, anda tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Quick Boot ini menyediakan 4 pilihan menu yaitu reboot, recovery, bootloader, dan power off. Dengan menggunakan aplikasi Quick Boot ini, anda tidak hanya bisa mengatasi masalah HP Android yang tidak mau masuk mode recovery saja.

Namun andapun bisa dengan mudah masuk kedalam mode bootloader dari sistem Android yang terpasang di HP anda juga.

Jadi jika nanti ketika anda mau masuk mode recovery di HP Android ternyata tidak bisa, jangan panik ya. Coba atasi dengan menggunakan cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk recovery yang sudah dibahas di dalam artikel ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *