Cara Flash HP Android Semua Merek 100% Sukses

Cara Flash HP Android Semua Merek 100% Sukses

Cara Flash HP Android Semua Merek 100% Sukses
Cara Flash HP Android Semua Merek 100% Sukses

Cara flash HP Android itu tidak serumit yang pernah anda bayangkan. Selain tidak terlalu rumit, proses flashing HP Android itu sebenarnya juga tanpa risiko jika dilakukan dengan benar.

Jadi jangan takut terlebih dahulu jika anda mau mencoba flashing HP Android yang anda miliki. Selama anda mengikuti langkah-langkah yang benar, sudah dapat dipastikan anda akan mendapatkan manfaat dari flashing tersebut.

Lalu apa sebenarnya manfaat melakukan flashing pada HP Android? Flashing itu adalah salah satu cara meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan dan cepat.

Pasalnya, anda bisa mengembalikan HP anda ke kondisi pabrikan lagi. Selain itu, andapun bisa mengganti ROM yang digunakan di dalam HP anda dengan cara flashing.

Lalu bagaimana caranya melakukan flashing yang benar itu? Simak lebih lanjut bagaimana caranya melakukan flashing pada HP Android tersebut di dalam artikel ini.

Cara Flash HP Android Menggunakan PC atau Laptop

Cara melakukan flash pada HP Android yang paling umum adalah dengan menggunakan bantuan dari PC ataupun laptop.

Namun sebelum beranjak lebih jauh kedalam pembahasan mengenai bagaimana cara flash HP Android dengan menggunakan PC ataupun laptop, terlebih dahulu anda sudah harus tau tentang bagaimana cara transfer file dari PC ke Android dengan share it.

Kenapa? Karena sebelum melakukan flashing, ada baiknya anda backup terlebih dahulu data-data penting yang tersimpan di dalam HP Android anda. Pasalnya, data-data tersebut nantinya akan hilang setelah proses flashing.

Jika anda sudah backup semua data penting di HP Android yang anda miliki, maka anda bisa mulai mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan flashing:

  1. Pasang terlebih dahulu software odin versi terbaru di PC ataupun laptop yang nantinya akan anda gunakan untuk flashing HP Android.
  2. Jangan lupa, unduh juga ROM sistem Android yang sesuai dengan tipe HP Android yang mau anda flash.
  3. Selain itu, pastikan juga PC atau laptop anda sudah terpasang dengan software Android USB Driver.
  4. Jika semua hal tersebut sudah anda persiapkan, anda bisa mematikan HP Android yang mau anda flash.
  5. Setelah itu, tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume atas dan bawah untuk masuk kedalam mode download.
  6. Jika HP Android anda sudah masuk kedalam mode download, hubungkan HP Android dengan PC atau laptop dengan menggunakan kabel data.
  7. Buka software Odin di PC maupun laptop anda. Tunggu hingga software Odin mendeteksi HP Android anda.
  8. Jika HP Android yang anda miliki sudah terdeteksi di software Odin, tekan tombol AP dan pilih ROM yang sesuai dengan tipe HP Android anda.
  9. Setelah itu, tekan tombol start. Tunggu proses flashing berlangsung.
  10. Ketika proses flashing selesai, akan muncul notifikasi dari software Odin. Cabut kabel data dari PC atau laptop.

Coba hidupkan kembali HP Android yang sudah selesai anda flashing. Jika HP Android anda mengalami bootloop, jangan khawatir karena hal tersebut adalah masalah yang biasa terjadi.

Bila setelah flashing ternyata HP Android anda bootloop, matikan HP tersebut dan masuk kedalam menu recovery mode dengan cara menekan tombol power dan volume atas secara bersamaan.

Setelah berhasil masuk kedalam mode recovery, pilih menu “reboot system now” yang ada pada bagian paling atas. Pada umumnya, HP Android sudah bisa masuk kedalam menu setelah melakukan hal tersebut.

Note:

Sebelum anda mempratekkan cara flash HP Android dengan menggunakan software Odin, pastikan baterai HP Android anda dalam kondisi penuh.

Pasalnya, proses flashing bisa gagal jika HP Android anda kehabisan daya di tengah-tengah proses flashing.

Cara Flash HP Android Tanpa PC atau Laptop

Apakah cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat dengan flashing itu harus dilakukan menggunakan laptop atau PC? Ternyata, proses flashing HP Android itu bisa dilakukan tanpa menggunakan PC ataupun laptop.

Lalu bagaimana caranya flashing HP Android tanpa PC ataupun laptop itu? Berikut ini adalah langkah-langkah flash HP Android tanpa PC ataupun laptop:

  1. Unduh terlebih dahulu ROM yang sesuai dengan tipe HP Android yang mau di flash.
  2. Simpan ROM tersebut di SD Card.
  3. Masukkan SD Card di HP Android yang mau di flash.
  4. Masuk kedalam mode recovery pada HP Android dengan cara menekan tombol power bersamaan dengan volume atas.
  5. Setelah berhasil masuk ke mode recovery, pilih “wipe data” dan “wipe cache partition”.
  6. Jika sudah, pilih “apply update from SD Card”.
  7. Tunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah selesai, maka anda sudah berhasil melakukan flash pada HP Android.

Sekarang sudah percaya jika cara flash HP Android itu sangat mudah dan juga tanpa risiko? Jadi jika nanti HP Android anda terasa lemot dan performanya mulai turun, anda bisa coba saja melakukan flash pada HP Android tersebut.

Tinggalkan komentar