Cara Edit Video di Android Untuk Pemula

oleh -10 views
Cara Edit Video di Android Untuk Pemula
Cara Edit Video di Android Untuk Pemula

Cara edit video di Android bisa dikatakan sudah cukup kompleks seperti halnya ketika anda melakukan editing video di PC atau laptop.

Jadi sebenarnya agak kurang tepat jika ada yang mengatakan bahwa smartphone Android itu tidak bisa digunakan untuk edit video. Faktanya, smartphone Android sudah bisa digunakan untuk membuat video-video yang kualitasnya tidak kalah dengan yang diedit dengan PC ataupun laptop di jaman sekarang.

Namun memang, anda harus punya keahlian yang cukup juga jika mau bisa membuat video berkualitas hanya dengan menggunakan smartphone Android saja.

Oleh sebab itu, jika anda memang belum punya keahlian, anda bisa mulai dengan belajar hal-hal sederhana terlebih dahulu seperti bagaimana cara menggabungkan video dengan subtitle secara permanen di Android dan juga cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di Android.

Tertarik untuk mempelajari 2 proses editing video sederhana tersebut di smartphone Android? Jika anda tertarik, anda bisa pelajari lebih lanjut caranya di dalam artikel ini.

Cara Menggabungkan Video Dengan Subtitle di Smartphone Android

Bagi anda yang tertarik ingin mencoba melakukan editing video sederhana dengan menggunakan smartphone Android, maka proses editing video sederhana untuk pemula pertama yang bisa anda coba lakukan adalah menggabungkan video dengan subtitle.

Perlu anda ketahui, ada banyak sekali video yang sebenarnya butuh fitur subtitle namun tidak dilengkapi dengan subtitle. Padahal, cara edit video di Android untuk bisa menambahkan fitur subtitle itu sangat sederhana sekali.

Lalu aplikasi apa yang bisa anda gunakan untuk menggabungkan antara video dengan subtitle di smartphone Android? Cara menggabungkan video dengan subtitle secara permanen di Android bisa anda lakukan dengan aplikasi Easy Subtitle. Anda bisa mengunduh aplikasi Easy Subtitle tersebut di Playstore secara gratis.

Meskipun ukuran file aplikasi Easy Subtitle tersebut hanya sebesar 4 megabyte, namun ternyata di dalam aplikasi tersebut terdapat banyak fitur unggulan. Berikut ini adalah beberapa fitur luar biasa yang bisa anda gunakan dari aplikasi Easy Subtitle:

  • Sudah support dengan beberapa jenis ekstensi file subtitle seperti srt, ssa, dan juga ass.
  • Anda bisa menambahkan baris, mengurangi baris, dan memodifikasi baris subtitle.
  • Terdapat pilihan mode advanced yang berisi lebih banyak fitur menarik seperti split files, merger 2 subtitle, melakukan pencarian kata di dalam file subtitle, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya aplikasi Easy Subtitle tersebut, tentunya anda minimal sudah bisa menggabungkan file video serta file subtitle menjadi satu tanpa harus menggunakan PC ataupun laptop bukan?

Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Dengan Smartphone Android

Selain menggabungkan file video dengan file subtitle, cara edit video di Android berikutnya yang juga bisa anda pelajari adalah menggabungkan 2 video yang anda sukai menjadi satu.

Seperti halnya menggabungkan file video dengan file subtitle, anda juga membutuhkan aplikasi khusus jika mau menggabungkan 2 video menjadi satu di smartphone Android.

Aplikasi yang bisa membantu anda menggabungkan 2 video jadi satu hanya dengan menggunakan smartphone Android adalah aplikasi Videoshow. Aplikasi Videoshow tersebut bisa anda unduh secara gratis dari Playstore.

Lalu bagaimana caranya menggabungkan 2 video menjadi satu hanya dengan menggunakan aplikasi Videoshow di smartphone Android? Karena prosesnya sedikit lebih rumit dari proses menggabungkan file video dengan file subtitle, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini jika mau menggabungkan 2 video menjadi satu dengan menggunakan smartphone Android:

  1. Buka aplikasi Videoshow yang sudah anda pasang di dalam smartphone Android.
  2. Setelah itu, pilih menu “edit video”.
  3. Pada bagian menu horizontal, pilih all. Setelah itu, pilih mana saja file video yang mau anda gabungkan.
  4. Jika anda sudah memilih minimal 2 video, anda bisa menekan tombol “play”.
  5. Bila anda sudah cukup suka dengan hasil penggabungan 2 video tersebut, anda bisa memilih panah merah yang berada di atas layar aplikasi Videoshow.
  6. Setelah itu, pilih dimana anda mau menyimpan file video yang sudah anda gabungkan.
  7. Jika anda sudah memilih dimana anda mau menyimpan file video, maka proses penggabungkan 2 atau lebih video yang sudah anda pilih akan mulai berlangsung.

Note:

Cepat lambatnya proses penggabungan 2 video menggunakan aplikasi Videoshow di smartphone Android tersebut ditentukan dari durasi video yang anda gabungkan serta kualitas videonya.

Semakin lama durasinya dan semakin tinggi kualitas videonya, maka akan semakin lama proses penggabungannya.

Jadi bagaimana? Apakah sekarang anda masih meremehkan smartphone Android? Sekarang anda sudah paham bukan bahwa ada banyak cara edit video di Android yang hasilnya tidak kalah jika dilakukan dengan PC ataupun laptop bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *