Cara Backup Data Android Paling Aman dan Mudah

Cara Backup Data Android Paling Aman dan Mudah

Cara Backup Data Android
Backup Data Android

Cara backup data Android itu ada banyak sekali. Ada yang tidak membutuhkan perangkat lain, dan ada yang harus dilakukan dengan menggunakan bantuan dari perangkat lain seperti PC ataupun laptop.

Melakukan backup data di smartphone Android itu seharusnya sering dilakukan. Kenapa? Karena anda bisa berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak anda inginkan pada smartphone Android yang anda gunakan.

Lalu cara mana yang paling aman dan mudah untuk backup data di dalam smartphone Android anda? Bagi anda yang mau tau mana cara backup data dari smartphone Android yang paling aman dan mudah, anda bisa cek penjelasannya lebih lanjut di dalam artikel ini.

Cara Backup Data Smartphone Android Tanpa Menggunakan PC

Yang pertama dan yang paling mudah adalah melalui smartphone itu sendiri.

Jadi sebenarnya, anda sama sekali tidak perlu tau bagaimana cara transfer file dari Android ke PC dengan kabel data jika hanya ingin melakukan backup data. Pasalnya, sistem Android yang digunakan di dalam smartphone anda sebenarnya sudah dibekali dengan fitur backup.

Bagaimana caranya melakukan backup data langsung dari dalam smartphone Android? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk kedalam menu pengaturan atau setting.
  2. Setelah masuk pada menu pengaturan atau setting, cari menu backup & restore.
  3. Aktifkan fitur backup my data.
  4. Atur akun backup
  5. Jangan lupa, aktifkan juga fitur automatic restore untuk mengembalikan semua data aplikasi tertentu ketika anda memasangnya kembali di smartphone dan.
  6. Setelah itu, keluar dari menu backup & restore, kemudian cari menu Google Account.
  7. Sinkronisasikan semua hal penting dari Google Account anda jika anda mau melakukan backup data.

Cara backup data pada smartphone Android yang pertama ini memang sangat praktis. Selain bisa anda lakukan tanpa bantuan perangkat lain, jika terjadi sesuatu pada smartphone yang anda gunakan, maka anda tidak perlu repot-repot mempelajari cara transfer file dari PC ke Android tanpa kabel data hanya untuk mengembalikan semua data dari smartphone Android lama anda.

Yang perlu anda lakukan jika mau mendapatkan kembali semua data yang sudah anda backup dari smartphone lama anda adalah masuk kedalam akun Google anda saja dari smartphone Android baru.

Dengan begitu, secara otomatis semua data yang sudah anda backup sebelumnya akan diunduh ke smartphone anda yang baru.

Cara Backup Data Smartphone Android Dengan Menggunakan PC

Jika anda adalah tipikal orang yang suka menyimpan sendiri data-data penting yang anda miliki, maka cara backup data yang pertama memang kurang tepat.

Kenapa? Karena anda sama sekali tidak memiliki data backupnya. Jadi semua datanya akan disimpan di penyimpanan awan milik Google.

Bagi anda yang memang lebih suka menyimpan data backup smartphone anda sendiri, maka mau tidak mau anda harus menggunakan bantuan perangkat lain seperti PC ataupun laptop.

Lalu masalahnya bagaimana cara transfer file dari Android ke PC dengan kabel data jika anda mau melakukan backup data secara keseluruhan? Apakah anda harus copy paste datanya satu per satu dari smartphone Android ke PC anda?

Ternyata, ada cara backup data dari smartphone Android ke PC yang jauh lebih cepat dan juga mudah. Cara melakukan backup data dari smartphone Android ke PC yang paling cepat dan aman adalah dengan menggunakan aplikasi Helium.

Lalu bagaimana caranya menggunakan aplikasi Helium untuk backup data dari smartphone Android ke PC? Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pasang terlebih dahulu aplikasi Helium di PC maupun di smartphone Android anda. Anda bisa mengunduh aplikasi Helium langsung dari Playstore. Setelah itu, anda bisa dapatkan link untuk mengunduh aplikasi Helium PC dari aplikasi yang sudah anda pasang di dalam smartphone Android.
  2. Jika anda sudah memasang aplikasi Helium baik di PC maupun di smartphone Android, selanjutnya siapkan kabel data dan hubungkan smartphone Android anda ke PC.
  3. Buka aplikasi Helium yang terpasang di dalam smartphone Android anda.
  4. Pilih tab “restore and sync”.
  5. Selanjutnya, pilih “login dengan perangkat lain”.
  6. Setelah itu nanti semua data seperti foto, video, dan sebagainya yang anda pilih akan tersinkronisasi di PC yang anda hubungkan dengan smartphone Android menggunakan kabel data.

Jika sewaktu-waktu data di smartphone Android anda hilang atau rusak, anda hanya perlu menghubungkan kembali smartphone Android anda dengan PC yang anda gunakan untuk sinkronisasi data sebelumnya.

Bagaimana? Sekarang anda sudah paham bukan mengenai cara backup data Android baik menggunakan bantuan perangkat lain ataupun langsung dari smartphonenya?

Tinggalkan komentar