Cara Mengembalikan HP Android yang Sudah di Root ke Setelan Pabrik

Cara Mengembalikan HP Android yang Sudah di Root ke Setelan Pabrik

Cara Mengembalikan HP Android yang Sudah di Root ke Setelan PabrikCara mengembalikan setelan pabrik Android yang sudah di root memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan HP Android yang belum di root.

Selain waktunya lebih lama, proses mengembalikan HP Android yang sudah diroot ke setelan pabrik lagi itu juga belum tentu berhasil.

Pasalnya, jika anda melakukannya dengan cara yang salah, kemungkinan HP Android anda bukannya kembali ke setelan pabrik, namun justru mengalami bootloop.

Oleh sebab itu, sebelum anda mau mengembalikan setelan HP Android anda yang sudah diroot ke setelan pabrik lagi, pastikan anda tau langkah-langkahnya yang benar.

Bagi anda yang mau tau bagaimana cara mengembalikan setelan pabrik Android yang sudah di root dengan benar, anda bisa pelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

Apa yang Harus Anda Lakukan Terlebih Dahulu Sebelum Mengembalikan Setelan Pabrik HP Android yang Sudah Diroot?

Jika proses mengembalikan HP Android yang sudah diroot ke setelan pabrikan dilakukan dengan cara yang salah, memang HP Android justru berpotensi mengalami bootloop atau gagal menjalankan file booting.

Oleh sebab itu, sebelum mengembalikan HP Android ke setelan pabrik, ada beberapa hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib anda lakukan sebelum mempelajari dan mempratekkan cara mengembalikan setelan pabrik Android yang sudah di root:

  • Unroot terlebih dahulu HP Android anda

Hal pertama yang wajib anda lakukan sebelum mengembalikan HP Android ke setelan pabrik adalah dengan melakukan unroot.

Jika berbicara mengenai unroot HP Android, memang caranya ada banyak sekali. Namun pastikan proses unrootnya benar-benar sampai tuntas.

Pasalnya, jika HP Android anda masih dalam kondisi setengah root, hal tersebut akan membuat HP Android anda rawan mengalami bootloop ketika dikembalikan ke setelan pabrik.

Salah satu cara paling efektif untuk melakukan unroot HP Android sampai tuntas adalah dengan menggunakan aplikasi SuperSU. Anda bisa unduh aplikasi SuperSU tersebut dari Playstore.

Setelah diunduh dan dipasang di HP Android anda, maka anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk bisa unroot HP Android anda sampai tuntas:

  1. Buka aplikasi SuperSU di HP Android anda.
  2. Pilih kolom settings.
  3. Cari dan pilih opsi full unroot.
  4. Setelah itu, tekan continue jika muncul konfirmasi untuk melakukan full unroot.
  5. Tunggu prosesnya berlangsung. Biasanya HP Android anda akan restart secara otomatis setelah anda menekan tombol continue.
  6. Jika HP Android anda tidak restart, anda bisa restart secara manual.
  7. Setelah HP Android anda booting dan berhasil masuk ke home, uninstall aplikasi SuperSU dari HP Android anda.

Lalu bagaimana caranya untuk cek apakah proses unroot di HP Android anda sudah berhasil atau belum?

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Root Checker. Aplikasi tersebut juga bisa anda dapatkan secara gratis dari Playstore.

Lalu bagaimana caranya cek status root HP Android anda menggunakan aplikasi Root Checker tersebut? Caranya hanya dengan menekan tombol “verify root” saja.

Jika hasilnya menunjukkan tulisan congratulation berwarna hijau, itu berarti HP Android anda masih dalam kondisi root. Namun jika tulisannya “sorry” berwarna orange, itu berarti HP Android anda sudah dalam kondisi unroot.

  • Backup data penting anda

Setelah berhasil melakukan unroot HP Android anda sampai tuntas, hal berikutnya yang perlu anda lakukan sebelum mengembalikan HP Android anda ke setelan pabrik adalah melakukan backup data penting anda.

Anda bisa melakukan backup data penting di memori eksternal HP Android anda. Jika anda tidak menggunakan memori eksternal, anda bisa melakukan backup data menggunakan Google Drive.

Langkah-Langkah Mengembalikan HP Android ke Setelan Pabrik

Jika anda sudah melakukan unroot dan juga backup data penting di HP Android anda, maka anda bisa mengikuti cara mengembalikan setelan pabrik Android yang sudah di root berikut ini:

  1. Buka settings atau pengaturan di HP Android anda.
  2. Scroll ke bagian bawah dan cari menu backup and reset.
  3. Pilih factory data reset.
  4. Setelah itu, tekan tombol reset yang berada di bagian bawah layar.
  5. Terkadang, beberapa merek HP Android juga mengharuskan anda untuk memasukkan 4 buah angka terlebih dahulu untuk konfirmasi proses factory data reset.

Setelah itu, anda hanya perlu menunggu proses factory data reset berlangsung hingga selesai. Lamanya proses factory data reset tersebut tergantung dari HP Android anda.

Intinya, dalam proses mengembalikan HP Android anda ke setelan pabrik tersebut akan membuat HP Android anda restart beberapa kali.

Setelah membaca cara mengembalikan setelan pabrik Android yang sudah di root, sekarang anda sudah paham bukan bagaimana caranya mengembalikan HP Android yang sudah diroot ke setelan pabrik lagi tanpa mengalami bootloop?

Menurut anda, proses untuk mengembalikan HP Android yang sudah diroot ke setelan pabrik lagi itu sulit atau mudah?

Tinggalkan komentar