Cara Aktifkan Manual Focus Kamera HP Xiaomi

oleh -7 views

Anda mungkin mencari cara bagaimana mengaktifkan manual focus pada kamera HP Xiaomi Redmi, kenyataannya Mode manual focus kamera HP merek Xiaomi memang tidak bisa benar-benar anda gunakan, terutama pada seri Redmi.

Kenapa? Karena memang Xiaomi tidak memberikan fitur atau mode manual pada HP seri low end seperti Redmi. Mode manual memang hanya bisa anda nikmati pada HP Xiaomi kelas high end saja.

Lalu apa bedanya antara manual focus kamera HP Xiaomi dengan yang auto focus? Jika anda memang pecinta fotografi, sudah pasti anda lebih memilih menggunakan mode manual.

Pasalnya, anda bisa melakukan pengaturan hampir pada semua aspek ketika bisa menggunakan mode manual pada kamera HP Xiaomi.

Apakah tidak ada cara agar anda bisa menggunakan mode manual focus kamera HP Xiaomi meskipun hanya memiliki HP seri Redmi saja? Untungnya, ada cara khusus untuk bisa mengaktifkan mode manual focus pada kamera HP Xiaomi tipe Redmi.

Mau tau bagaimana caranya mengaktifkan mode manual focus kamera HP Xiaomi tipe Redmi? Jika anda ingin mengetahuinya, anda bisa mempelajari caranya di dalam artikel ini.

Macam-Macam Syarat Untuk Bisa Mengaktifkan Mode Manual Focus Kamera HP Xiaomi Tipe Redmi

Sebenarnya anda bisa mengaktifkan mode manual focus kamera HP Xiaomi tipe Redmi. Hanya saja, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa syaratnya:

  • HP Xiaomi sudah dalam kondisi root

Karena untuk bisa mengaktifkan mode manual focus pada kamera HP Xiaomi tipe Redmi itu anda harus masuk kedalam file sistem, maka mau tidak mau syarat pertama yang harus anda penuhi adalah HP Xiaomi yang anda miliki harus sudah di root.

Anda tidak akan bisa mengaktifkan mode manual focus pada kamera HP Xiaomi anda jika anda tidak melakukan root.

  • Sudah memasang aplikasi Manual Camera Compatibility

Jika sudah melakukan root pada HP Xiaomi yang mau anda aktifkan mode manual focus kameranya, selanjutnya syarat yang harus anda penuhi adalah memasang aplikasi Manual Camera Compatibility. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis dari Playstore.

Aplikasi tersebut nantinya akan digunakan untuk mengetahui apakah mode manual focus pada kamera HP Xiaomi anda sudah aktif atau belum.

  • Sudah memasang aplikasi Open Camera

Jika proses aktivasi mode manual focus kamera HP Xiaomi nanti sudah selesai dilakukan, anda pun juga membutuhkan aplikasi camera pihak ketiga.

Anda bisa menggunakan aplikasi Open Camera jika mau menggunakan mode manual focus pada HP Xiaomi, khususnya pada tipe Redmi.

Kenapa anda harus menggunakan aplikasi camera pihak ketiga? Apakah anda tidak bisa menggunakan aplikasi kamera bawaan dari MIUI?

Jika HP Xiaomi yang anda miliki awalnya memang tidak dilengkapi dengan mode manual focus, maka aplikasi kamera bawaan harus didukung dengan aplikasi tambahan untuk bisa menambahkan mode manual focus kamera HP Xiaomi.

Oleh sebab itu, anda harus memasang terlebih dahulu aplikasi pihak ketiga bernama Open Camera. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis dari Playstore.

Note:

Selain 3 hal tersebut, anda juga disarankan untuk memasang satu aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk mengakses file-file root.

Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengakses file root adalah seperti Root Explorer. Aplikasi Root Explorer tersebut juga bisa anda dapatkan secara gratis dari Playstore.

Langkah-Langkah Mengaktifkan Mode Manual Focus Kamera HP Xiaomi Tipe Redmi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk bisa mengaktifkan mode manual focus kamera HP yang bukan mode bawaan, khususnya tipe Redmi, pertama-tama anda harus root terlebih dahulu sistem Androidnya.

Jika sudah berhasil melakukan root pada sistem Androidnya, selanjutnya anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Root Explorer yang sudah anda pasang di HP Xiaomi. Setelah bisa masuk kedalam aplikasi, cari folder sistem di internal memori HP Xiaomi yang anda miliki.
  2. Masuk kedalam folder sistem di memori internal HP Xiaomi anda. Setelah itu, cari file “build.prop”. Jika sudah menemukan file “build.prop”, copy terlebih dahulu file tersebut.
  3. Setelah itu, paste file “build.prop” yang sudah anda copy di memori eksternal atau SD Card yang terpasang di dalam HP Xiaomi anda.
  4. Jika sudah di-copy, buka file tersebut dengan cara menekan dan tahan file kemudian pilih “opening text editor”. Anda bisa membuka file tersebut dengan menggunakan Root Explorer juga. Jadi anda tidak perlu memasang aplikasi tambahan lagi.
  5. Setelah file “build.prop” terbuka, tuliskan “persis.camera.HAL3.enabled=1” di baris terakhir file “build.prop”.
  6. Jika sudah menambahkan tulisan tersebut, simpan perubahan file “build.prop” dan restart HP Xiaomi anda.
  7. Setelah HP Xiaomi yang anda miliki berhasil booting dan masuk kedalam menu, buka aplikasi Manual Camera Compatibility yang sudah anda unduh dan pasang sebelumnya.
  8. Perhatikan hasil tes dari aplikasi Manual Camera Compatibility tersebut. Jika anda berhasil mengubah file “build.prop”, seharusnya hasil tes aplikasi Manual Camera Compatibility menunjukkan check list semua.
  9. Jika proses pengeditan file “build.prop” yang anda lakukan gagal, hasil tes pada aplikasi Manual Camera Compatibility akan menunjukkan tanda silang semua pada bagian manual focus, manual white balance, manual ISO, dan seterusnya.
  10. Bila hasil tes aplikasi Manual Camera Compatibility menunjukkan check list semua, maka hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membuka aplikasi Open Camera untuk melakukan pengaturan fitur mode manual pada kamera HP Xiaomi yang anda miliki.
  11. Dari dalam aplikasi Open Camera, lakukan pengaturan pada beberapa hal seperti:
    1. Use Camera2 API ON
    1. Enable Video Stabilization ON
    1. Force Maximum Brightness OFF

Jika sudah melakukan pengaturan seperti yang disebutkan, simpan pengaturannya dan keluar dari aplikasi Open Camera.

Coba buka aplikasi kamera bawaan dan coba cari apakah mode manual focus kamera HP Xiaomi anda sudah aktif. Jika sudah aktif, anda bisa mulai mencoba mengabadikan foto atau pun video dengan menggunakan mode manual.

Macam-Macam Kerugian Mengaktifkan Mode Manual Focus Kamera HP Xiaomi Tipe Redmi

Ok, memang anda bisa mengaktifkan dan menggunakan mode manual focus kamera HP Xiaomi meskipun sebenarnya HP Xiaomi anda sama sekali tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.

Anda memang bisa mengabadikan foto ataupun video dengan menggunakan mode manual seperti pada HP Xiaomi seri flagship. Namun sayangnya, mengaktifkan mode manual focus kamera HP Xiaomi tipe Redmi itu ternyata juga ada beberapa kerugiannya.

Berikut ini adalah beberapa kerugian yang harus siap anda tanggung:

  • Baterai HP Xiaomi anda akan semakin cepat habis

Baterai jelas menjadi korban pertama jika anda mengaktifkan dan terlalu sering menggunakan mode manual focus kamera HP Xiaomi tipe Redmi.

Pasalnya, ketika menggunakan mode manual, perangkat kamera pada HP Xiaomi akan menggunakan lebih banyak daya baterai.

  • Prosesor akan semakin rentan mengalami kerusakan

Selain baterai, komponen lain yang juga akan terkena imbas dari aktifnya mode manual fokus kamera HP Xiaomi anda adalah prosesor.

Karena memang tidak didesain untuk digunakan dengan mode manual, maka HP Xiaomi tipe Redmi memang biasanya tidak dibekali dengan prosesor seri tinggi.

Oleh sebab itu, jika anda terlalu sering menggunakan mode manual ketika mengambil foto ataupun video, dikhawatirkan prosesor HP Xiaomi anda akan bekerja lebih berat dan jika hal tersebut terjadi terus, cepat atau lambat prosesor HP Xiaomi anda juga akan rusak.

  • Sensor kamera HP Xiaomi anda akan semakin cepat rusak

Sebelum prosesor mengalami kerusakan, kemungkinan besar sensor kamera HP Xiaomi anda juga berpotensi mengalami kerusakan jika anda terlalu sering menggunakan mode manual pada kamera HP Xiaomi yang sebenarnya tidak didukung dengan mode tersebut.

Jadi melihat dari fakta tersebut, anda memang bisa dan boleh-boleh saja mengaktifkan mode manual fokus kamera HP Xiaomi tipe Redmi. Namun jika mau HP Xiaomi anda lebih awet, sebisa mungkin jangan sering-sering menggunakan mode manual focus kamera HP merek Xiaomi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *