Cara Backup Kontak Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Backup Kontak Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Backup Kontak Android Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara Backup Kontak Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara backup kontak Android itu sudah pasti perlu diketahui oleh anda yang ingin ganti smartphone. Pasalnya, anda pasti mau memindahkan semua kontak yang selama ini anda simpan di smartphone lama ke smartphone baru anda bukan?

Jika anda mau tau bagaimana caranya untuk backup data kontak di smartphone Android, sebenarnya yang paling mudah adalah dengan melakukannya secara manual. Namun tentunya, hal tersebut akan membutuhkan waktu yang sangat lama, terutama jika kontak anda jumlahnya ada ratusan.

Untungnya, ada banyak sekali cara backup kontak Android dari satu smartphone ke smartphone lain dengan mudah dan juga cepat. Anda bisa pelajari lebih lanjut cara backup data kontak Android tersebut di dalam artikel ini.

Langkah-Langkah Backup Data Kontak Smartphone Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebelum ganti smartphone Android baru, pertama-tama anda memang harus backup terlebih dahulu semua kontak anda dari smartphone lama.

Bagaimana caranya backup data kontak di smartphone Android anda tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi kontak di smartphone Android anda.
  2. Masuk kedalam menu pengaturan atau setting di dalam kontak (biasanya dilambangkan dengan gambar titik berjumlah tiga dalam bentuk vertikal ataupun horizontal).
  3. Pada menu pengaturan kontak, pilih manage kontak.
  4. Pilih menu import/export.
  5. Untuk melakukan backup kontak, pilih export to. Anda bisa memilih export semua kontak anda ke SIM Card ataupun ke storage.
  6. Setelah memilih dimana anda mau export data kontak di smartphone Android anda, maka anda hanya perlu menunggu proses export sampai selesai.
  7. Nantinya, proses export akan menghasilkan satu file dengan ekstensi vcf.

Perbedaan Export Data Kontak Smartphone Android ke SIM Card dan Storage

Ketika anda mau melakukan backup data kontak dari smartphone Android, anda diberikan pilihan untuk export ke SIM Card atau ke Storage. Lalu apa bedanya dan mana yang lebih mudah?

Perbedaan antara export data kontak ke SIM Card dan Storage smartphone Android anda itu jelas terletak pada kuantitasnya. Jika anda memilih export data kontak ke SIM Card, maka sudah pasti kemungkinan ada data kontak yang tertinggal.

Kenapa? Karena SIM Card memiliki batas maksimal penyimpanan kontak. Berbeda halnya dengan storage dari smartphone Android.

Storage dari smartphone Android bisa menyimpan berapapun banyaknya data kontak anda. Pasalnya, data kontak yang disimpan di storage smartphone Android itu tidak dilihat satuannya namun dilihat size atau ukuran filenya.

Selain itu, proses memindahkan data backup kontak tersebut dari satu smartphone Android ke smartphone Android juga lebih mudah. Pasalnya, anda hanya perlu tau bagaimana cara memindahkan kontak dari Android ke Android via Bluetooth saja.

Bagaimana Caranya Memindahkan Data Backup Kontak di Smartphone Android Lain?

Setelah tau bagaimana cara backup kontak Android, selanjutnya anda juga perlu tau bagaimana cara mengembalikan kontak telepon yang terhapus di HP android ataupun memindahkannya ke smartphone Android lain.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengembalikan ataupun memindahkan data backup kontak di smartphone Android:

  1. Pastikan untuk memasukkan data hasil backup kontak kedalam storage (bisa internal maupun eksternal storage) dari smartphone Android yang mau diisi data kontaknya dengan data kontak anda yang lama.
  2. Setelah itu, buka aplikasi kontak di smartphone Android tersebut.
  3. Pilih menu setting kemudian import/export seperti ketika anda mau melakukan backup data kontak.
  4. Jika sudah, pilih import dan tentukan file berekstensi VCF mana yang mau anda import ke smartphone Android anda tersebut.

Lamanya proses import dan backup data kontak di smartphone Android ini tergantung dari berapa banyak kontak yang anda simpan di dalam smartphone Android.

Jadi semakin banyak jumlah kontak yang mau anda backup ataupun import, maka prosesnya akan semakin lama.

Sederhana bukan sebenarnya cara backup kontak Android itu? Jadi jika nanti anda mau ganti smartphone Android baru, anda sudah cukup paham bukan bagaimana cara memindahkan data kontak anda dari smartphone Androdi yang lama ke smartphone Android yang baru dengan mudah dan cepat?

Tinggalkan komentar