Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

oleh -152 views

Cara mengembalikan file yang terhapus di Android adalah hal yang paling sering dicari oleh pengguna smartphone Android. Pasalnya, pengguna smartphone Android cukup sering menghapus file penting seperti foto secara tidak sengaja.

Jika anda adalah salah satu dari pengguna smartphone Android yang tidak sengaja menghapus file penting yang tersimpan di memori internal ataupun memori eksternal smartphone anda, maka anda tidak perlu khawatir lagi.

Kenapa? Karena ada cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal Android tanpa root. Jika hal tersebut masih belum berhasil, andapun masih bisa mencoba mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dari smartphone Android anda dengan menggunakan bantuan PC.

Simak lebih lengkapnya mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di Android tersebut di dalam artikel ini.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Secara Tidak Sengaja di Smartphone Android Tanpa Root

Memang benar, mayoritas cara mengembalikan file yang terhapus di Android mengharuskan anda untuk melakukan root terlebih dahulu pada sistem Androidnya.

Kenapa? Karena dengan melakukan root pada sistem Androidnya, maka proses untuk mengembalikan file-file yang tidak sengaja terhapus akan menjadi lebih mudah. Pasalnya, aplikasi yang anda gunakan menjadi bisa mengakses sepenuhnya semua folder yang ada di dalam sistem Android.

Namun demikian, ada beberapa aplikasi yang bisa membantu anda mengembalikan file seperti foto yang tidak sengaja terhapus di smartphone Android tanpa harus melakukan root.

Berikut ini adalah 2 aplikasi yang bisa membantu mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus di smartphone Android tanpa harus root:

  1. Restore Image (Super Easy)

Restore Image (Super Easy) bisa membantu mengembalikan file-file foto yang tidak sengaja anda hapus dari memori internal smartphone Android.

Menariknya, aplikasi ini bisa bekerja tanpa harus melakukan root pada sistem Android di smartphone anda.

Proses pengembalian file fotopun juga sangat mudah. Anda hanya perlu memilih folder dimana anda menyimpan file foto yang tidak sengaja anda hapus. Setelah itu, aplikasi akan menemukan file yang tidak sengaja anda hapus tersebut.

Setelah itu, anda hanya perlu memilih mana saja foto yang mau anda restore atau kembalikan ke folder seperti semula.

Sudah banyak sekali orang yang mencoba menggunakan aplikasi ini dan merasakan manfaatnya. Bagi anda yang mau mencoba menggunakan aplikasi Restore Image (Super Easy) anda bisa mengunduhnya secara gratis dari Playstore.

  1. Deleted Photo Recovery

Jika aplikasi Restore Image (Super Easy) tidak bisa membantu mengembalikan foto anda yang hilang, masih ada cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal android tanpa root lain yaitu dengan aplikasi Deleted Photo Recovery.

Aplikasi ini sebenarnya mirip seperti Restore Image (Super Easy). Hanya saja, proses untuk mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus jauh lebih mudah.

Pasalnya, anda tidak perlu menentukan dimana folder tempat foto yang tidak sengaja terhapus. Anda hanya cukup membuka aplikasinya dan tekan tombol start recovery saja.

Nantinya, semua file foto yang sudah terhapus akan ditemukan oleh aplikasi ini. Anda hanya perlu memilih mana saja foto yang mau anda kembalikan ke tempatnya semula.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Memory Internal Android Dengan PC

Jika setelah menggunakan 2 aplikasi tanpa root tetap tidak bisa membantu mengembalikan file foto anda yang tidak sengaja terhapus di smartphone Android, masih ada satu lagi cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal Android melalui PC yang bisa anda coba.

Cara mengembalikan file foto yang terhapus dari memori internal smartphone Android dengan PC bisa anda lakukan menggunakan aplikasi khusus bernama Recuva. Anda bisa mengunduh file Recuva tersebut secara gratis di sini.

Setelah selesai diunduh, pasang aplikasi tersebut di dalam PC ataupun laptop anda. Jika sudah terpasang di dalam PC ataupun laptop, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengembalikan file yang terhapus di memori internal smartphone Android anda:

  1. Hubungkan smartphone Android anda dengan PC yang sudah terpasang aplikasi Recuva.
  2. Pastikan smartphone Android anda sudah terdeteksi di PC.
  3. Setelah smartphone anda terdeteksi, buka aplikasi Recuva di PC.
  4. Pilih jenis ekstensi file apa saja yang mau anda recovery atau kembalikan lagi setelah tidak sengaja anda hapus dari memori internal smartphone anda.
  5. Pilih dimana lokasi penyimpanan file yang tidak sengaja anda hapus.
  6. Centang fitur enable deep scan untuk meningkatkan rasio keberhasilan mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus di memori smartphone Android.
  7. Setelah itu, tekan start dan tunggu prosesnya berjalan. Kemungkinan besar prosesnya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama ketika anda mengaktifkan fitur deep scan.
  8. Jika file yang anda inginkan sudah ditemukan, klik kanan pada file tersebut dan pilih recover checked.
  9. Pilih dimana lokasi dimana anda mau menyimpan file hasil recovery-nya. Setelah itu, tekan ok.

Bagaimana? Tidak sulit bukan cara mengembalikan file yang terhapus di Android itu? Anda bahkan bisa melakukannya tanpa harus root smartphone Android anda bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *