Cara Mengatasi Game yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi Game yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi Game yang Tidak Bisa Dibuka di AndroidCara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android itu ada banyak. Cara yang digunakan juga tergantung dari seperti apa tanda-tanda yang muncul di layar HP Android anda.

Oleh sebab itu, sebelum mempelajari bagaimana caranya mengatasi aplikasi game yang tidak bisa dibuka di HP Android, anda perlu tau terlebih dahulu seperti apa tanda-tanda aplikasi game yang tidak bisa dibuka di HP Android tersebut.

Bagi anda yang memang ingin tau bagaimana solusi untuk mengatasi aplikasi game yang tidak bisa dibuka di HP Android, anda bisa pelajari cara selengkapnya di dalam artikel ini.

3 Tanda-Tanda Aplikasi Game Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Untuk bisa mengatasi masalah aplikasi game yang tidak bisa dibuka di HP Android, memang pertama-tama anda harus tau terlebih dahulu tanda-tanda aplikasi yang tidak bisa dibuka di HP Android itu seperti apa saja.

Setelah tau tanda-tandanya, anda baru bisa menentukan mana cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android yang paling tepat. Pasalnya, masing-masing gejala atau tanda itu membutuhkan cara penanganan yang berbeda.

Berikut ini adalah 3 tanda aplikasi game yang anda pasang di HP Android tidak bisa dibuka:

  1. Keluar ke menu home HP Android setelah anda membuka aplikasi game

Tanda pertama aplikasi game yang anda pasang di HP Android tidak bisa dibuka adalah setelah anda membuka aplikasi tersebut, anda justru keluar ke menu home HP Android anda lagi.

Hal ini biasa terjadi karena spesifikasi HP Android anda sudah tidak memenuhi spesifikasi minimum yang dibutuhkan aplikasi game tersebut.

Namun selain itu, tanda-tanda ini juga bisa terjadi karena alasan versi aplikasi yang terpasang di HP Android anda sudah terlalu lama.

  1. Muncul notifikasi seperti “not enough memory

Selain keluar ke menu home, tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa aplikasi game yang anda pasang di HP Android itu tidak bisa dibuka adalah muncul notifikasi seperti “not enough memory”.

Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan karena memang ruang penyimpanan internal di HP Android anda sudah terlalu penuh. Perlu anda ketahui, ketika ruang penyimpanan internal HP Android itu sudah terlalu penuh, kemungkinan besar memang ada banyak aplikasi yang tidak bisa digunakan secara maksimal lagi.

Kenapa? Pasalnya setiap aplikasi di HP Android itu membutuhkan ruang penyimpanan internal untuk menyimpan file-file cache. Jika ruang penyimpanan internalnya penuh, lalu dimana file-file cache aplikasi yang terpasang di HP Android anda akan disimpan?

  1. Layar HP Android blank hitam setelah anda membuka aplikasi game

Selain kembali ke menu home dan juga muncul notifikasi “not enough memory”, tanda-tanda aplikasi game yang terpasang di HP Android anda tidak bisa dibuka adalah layar HP Android menjadi blank hitam setelah anda membuka aplikasi game.

Layar HP Android yang blank hitam setelah anda membuka aplikasi game tersebut bisa jadi disebabkan karena spesifikasi HP Android anda terlalu rendah untuk memainkan game yang anda pasang.

Karena spesifikasinya terlalu rendah, maka HP Android andapun tidak bisa menjalankan aplikasi game dengan maksimal dan akhirnya justru membuat layar menjadi blank hitam.

Macam-Macam Cara Mengatasi Game yang Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Setelah mengetahui apa saja tanda-tanda aplikasi game tidak bisa dibuka di HP Android, maka sekarang anda bisa mempelajari bagaimana cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android tersebut sesuai dengan tanda-tandanya.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi aplikasi game yang tidak bisa dibuka di HP Android sesuai dengan tanda-tandanya:

  1. Pasang ulang aplikasi game di HP Android anda

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi game yang tidak bisa dibuka di HP Android adalah dengan memasang ulang aplikasi tersebut.

Cara pertama ini bisa anda lakukan terutama jika anda mengalami tanda-tanda seperti aplikasi game selalu force close setiap kali anda membukanya (kembali ke menu home secara otomatis).

Selain itu, cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi masalah aplikasi game yang selalu menyebabkan layar menjadi blank hitam.

  1. Hapus cache di memori internal HP Android anda

Bagi anda yang tidak bisa membuka aplikasi game di HP Android dan selalu muncul notifikasi “not enough memory”, anda bisa mencoba mengatasinya dengan menghapus file cache yang tersimpan di memori internal HP Android anda.

Cara untuk menghapus cache di memori internal HP Android adalah dengan masuk kedalam menu pengaturan atau setting > storage > cache file. Setelah itu, pilih menu hapus.

Selain menghapus cache, anda juga bisa mencoba mengurangi aplikasi yang berjalan di background task HP android anda.

Cara untuk mengurangi aplikasi yang berjalan di background task HP Android adalah dengan masuk ke menu pengaturan > apps > pilih kolom running. Force close beberapa aplikasi yang menurut anda tidak begitu penting yang sedang berjalan di background task HP Android anda.

Dengan melakukan hal tersebut, anda tidak hanya mengurangi penggunaan ruang penyimpanan internal saja, namun anda sekaligus mengurangi penggunaan RAM di HP Android anda.

  1. Perbarui versi aplikasi game di HP Android anda

Cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android selanjutnya adalah dengan mencoba memperbarui versi aplikasi gamenya.

Banyak sekali aplikasi game yang force close dan menyebabkan layar blank hitam itu karena versi aplikasinya sudah terlalu lama. Karena versinya sudah terlalu lama, maka ada file-file yang tidak sesuai lagi dengan sistem di HP Android anda ataupun sistem di server game tersebut.

Lalu bagaimana jika semua cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android tersebut tidak ada yang berhasil?

Jika setelah melakukan 3 cara tersebut aplikasi game di HP Android anda tetap tidak bisa dibuka, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan karena spesifikasi HP Android anda yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan aplikasi gamenya.

Jadi jika itu masalahnya, mau tidak mau solusinya hanyalah dengan mengganti HP Android anda dengan seri yang lebih baru.

Tinggalkan komentar