Cara Menampilkan Layar Android di PC Dengan Kabel USB

Cara Menampilkan Layar Android di PC Dengan Kabel USB

Cara menampilkan layar Android di PC dengan kabel USBCara menampilkan layar Android di PC dengan kabel USB bisa membantu mengatasi banyak masalah. Beberapa macam masalah yang bisa dengan menampilkan layar HP Android di PC adalah ketika LCD HP Android sudah tidak bisa menampilkan gambar dengan jelas.

Selain itu, menampilkan layar HP Android di PC juga membuat anda bisa bermain game mobile dengan lebih nyaman lagi. Pasalnya, layar PC jauh lebih besar jika dibandingkan dengan layar HP Android.

Lalu apakah sulit cara menampilkan layar Android di PC dengan kabel USB itu? Apakah anda harus melakukan root terlebih dahulu di sistem Android yang terpasang di dalam HP Android anda?

Untungnya, anda sama sekali tidak perlu melakukan root pada sistem Android jika hanya ingin menampilkan layar HP Android anda di PC. Jika anda ingin tau bagaimana cara melakukannya, anda bisa pelajari cara selengkapnya di dalam artikel ini.

Cara Menampilkan Layar Android di PC Dengan Kabel USB Menggunakan Aplikasi Vysor

Cara pertama yang bisa anda gunakan jika mau menampilkan layar HP Android di PC dengan menggunakan koneksi kabel USB adalah dengan aplikasi Vysor.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menampilkan layar HP Android di PC dengan menggunakan bantuan aplikasi Vysor:

  1. Pertama-tama, pastikan anda sudah mengunduh dan memasang aplikasi Vysor terlebih dahulu di HP Android yang mau anda hubungkan dengan PC. Anda bisa mengunduh aplikasi Vysor tersebut secara gratis dari Playstore.
  2. Setelah memasang aplikasi Vysor di dalam HP Android, selanjutnya pasang juga ekstensi Vysor di Chrome PC anda.
  3. Jika sudah memasang ekstensi di PC dan aplikasi di HP Android anda, buka keduanya dan hubungkan HP Android dengan PC menggunakan kabel USB.
  4. Bila aplikasi Vysor di HP Android sudah terhubung dengan ekstensi di Chrome PC, maka anda sudah bisa melihat layar HP Android anda sudah berhasil ditampilkan di PC.

Note:

Untuk bisa menggunakan aplikasi Vysor sebagai media menampilkan layar HP Android di PC, anda harus mengaktifkan terlebih dahulu mode USB debugging di HP Android anda.

Cara untuk mengaktifkan mode USB debugging adalah dengan masuk kedalam mode developer terlebih dahulu. Cara untuk masuk kedalam mode developer masing-masing HP Android terkadang tidak sama, namun umumnya adalah dengan menekan beberapa kali kolom build number di dalam menu about HP Android anda.

Cara Menampilkan layar Android di PC Dengan Kabel USB Menggunakan Aplikasi Apower

Selain aplikasi Vysor, anda juga bisa menampilkan layar HP Android ke layar PC dengan menggunakan aplikasi Apower.

Cara menampilkan layar Android di PC dengan kabel USB menggunakan aplikasi Apower ini sebenarnya hampir mirip seperti ketika anda mau menggunakan aplikasi Vysor.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menampilkan layar HP Android di PC dengan menggunakan aplikasi Apower:

  1. Pasang terlebih dahulu aplikasi Apower di HP Android yang mau anda tampilkan di PC. Anda bisa mengunduh aplikasi Apower di Playstore.
  2. Setelah itu, pasang juga software Apower di PC yang mau anda gunakan untuk menampilkan layar HP Android. Anda bisa mengunduh software Apower untuk PC di website resminya.
  3. Jika anda sudah memasang aplikasi Apower di HP Android serta di PC, selanjutnya buka software Apower yang sudah dipasang di PC. Setelah itu, pilih USB connection.
  4. Jika sudah, hubungkan HP Android anda ke PC dengan menggunakan kabel USB. Tunggu hingga software Apower di PC mendeteksi HP Android anda.
  5. Ketika software Apower di PC sudah mendeteksi HP Android anda, pilih HP Android anda dan tunggu hingga proses koneksinya selesai.
  6. Jika koneksinya berhasil, maka di HP Android akan muncul notifikasi. Jika muncul notifikasi dari Apower, pilih ijinkan sehingga layar HP Android anda secara otomatis akan ditampilkan di PC.

Secara garis besarnya, Apower ini hampir mirip dengan aplikasi Vysor. Keduanya membutuhkan mode USB Debugging di HP Android diaktifkan agar bisa berjalan secara maksimal.

Namun jika dibandingkan dengan aplikasi Vysor, aplikasi Apower ini punya satu kelebihan yaitu anda tidak hanya bisa menghubungkan layar HP Android ke PC dengan menggunakan kabel USB saja.

Andapun bisa menghubungkan layar HP Android dengan PC melalui jaringan WIFI yang sama. Jadi jika anda menggunakan jaringan WIFI di rumah, anda bisa menghubungkan PC dengan HP Android anda tanpa kabel sama sekali.

Jadi bagaimana? Jika menurut anda, manakah cara menampilkan layar Android di PC dengan kabel USB yang paling efektif dan juga paling mudah untuk digunakan dari 2 cara yang sudah dibahas di dalam artikel ini?

Tinggalkan komentar