Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa di Uninstall di Android

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa di Uninstall di Android

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa di Uninstall di AndroidCara menghapus aplikasi yang tidak bisa di uninstall di Android memang kesannya sangat sulit untuk dilakukan. Pasalnya kebanyakan orang menganggap bahwa bagaimana caranya menghapus sebuah aplikasi jika HP Android saja gagal melakukan uninstall aplikasi tersebut.

Padahal, sebenarnya ada banyak sekali cara yang masih bisa anda gunakan jika anda gagal melakukan uninstall pada aplikasi yang terpasang di dalam HP Android anda. Menariknya lagi, anda sama sekali tidak perlu melakukan root HP Android anda untuk melakukannya.

Hanya saja dengan catatan, aplikasi yang mau anda hapus bukanlah aplikasi bawaan atau bloatware dari HP Android anda.

Lalu bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa di uninstall di Android? Anda bisa pelajari caranya menghapus aplikasi HP Android yang gagal di uninstall selengkapnya melalui artikel ini.

Penyebab Kenapa Anda Gagal Uninstall Aplikasi di HP Android

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana caranya menghapus aplikasi di HP Android yang selama ini selalu gagal anda uninstall, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu tentang apa yang jadi penyebabnya.

Ternyata, ada beberapa hal yang paling sering jadi penyebab kenapa sebuah aplikasi di HP Android itu sampai tidak bisa di uninstall. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Aplikasi terkunci dengan device administrator

Alasan pertama dan yang paling sering menyebabkan kenapa sebuah aplikasi di HP Android itu sampai tidak bisa di uninstall adalah karena aplikasi tersebut terkunci dengan device administrator.

Ketika sebuah aplikasi terkunci dengan device administrator, maka ada beberapa data yang memang dilindungi dan dianggap sebagai data sistem operasi Android.

Oleh sebab itu, seberapa banyak anda mencoba untuk melakukan uninstall, sistem Android di HP andapun tidak akan memperbolehkan anda melakukan hal tersebut.

  • Aplikasi masih berjalan di belakang layar

Jika bukan karena sebagian sistemnya masuk kedalam sistem operasi Android, sebuah aplikasi di HP Android tidak bisa di uninstall juga disebabkan karena aplikasinya masih terus berjalan di belakang layar.

Ketika aplikasi masih berjalan di belakang layar, sistem operasi Android juga kemungkinan tidak bisa melakukan uninstall. Pasalnya, proses uninstall pada aplikasi yang masih berjalan di belakang layar itu sedikit banyak bisa merusak sistem operasi Android sendiri.

  • File aplikasi corrupt

Jika bukan karena terkunci dengan device administrator ataupun aplikasinya masih berjalan di belakang layar, kemungkinan besar gagalnya proses uninstall aplikasi di HP Android itu disebabkan karena adanya file aplikasi yang corrupt.

Ketika ada file aplikasi yang corrupt, secara otomatis aplikasi tersebut tidak akan bisa di uninstall. Pasalnya, kemungkinan besar file yang mengalami corrupt tersebut adalah file untuk melakukan uninstall.

2 Cara Mudah Hapus Aplikasi yang Tidak Bisa di Uninstall di HP Android

Setelah mengetahui apa saja penyebab sebuah aplikasi sampai tidak bisa diuninstall di HP Android, maka sekarang anda bisa mempelajari macam-macam cara menghapus aplikasi yang tidak bisa di uninstall di Android tersebut.

Jika berbicara mengenai menghapus aplikasi Android yang sulit di uninstall, sebenarnya ada 2 cara yang cukup praktis. Berikut adalah 2 cara tersebut:

  • Hapus aplikasi dari device administrator

Cara menghapus aplikasi yang gagal di uninstall di HP Android yang pertama adalah dengan menghapusnya terlebih dahulu dari device administrator.

Berikut ini adalah langkah-langkah menghapus aplikasi dari device administrator:

  1. Buka pengaturan > security > device administrator ataupun device manager.
  2. Cari aplikasi yang selama ini sulit anda hapus dan deactive aplikasi tersebut dari device manager ataupun device administrator di HP Android anda.
  3. Setelah itu, buka menu apps atau aplikasi.
  4. Cari aplikasi yang mau anda hapus. Force stop atau paksa berhenti terlebih dahulu aplikasi tersebut.
  5. Jika sudah, tekan tombol uninstall dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Cara pertama ini bisa dikatakan sebagai cara menghapus aplikasi yang sulit di uninstall paling cepat di HP Android.

Kebanyakan orang juga berhasil menghapus aplikasi yang tidak mau di uninstall di HP Androidnya dengan menggunakan cara pertama ini.

  • Lakukan factory reset pada HP Android

Jika anda sudah mencoba melakukan cara pertama namun aplikasinya tetap tidak mau dihapus dari HP Android anda, maka anda bisa mencoba cara kedua.

Cara kedua ini memang cukup ekstrim namun tetap aman. Jika ada aplikasi yang sulit dihapus di HP Android anda, maka anda bisa melakukan factory reset di HP Android anda.

Dengan melakukan factory reset, anda tidak hanya bisa melenyapnya aplikasi-aplikasi yang tidak bisa dihapus di HP Android anda. Namun factory reset juga akan membuat HP Android anda seperti baru lagi karena semua pengaturannya akan dikembalikan ke pengaturan pabrik.

Lalu bagaimana caranya melakukan factory reset? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk kedalam pengaturan atau setting HP Android anda.
  2. Cari menu backup dan reset.
  3. Setelah itu, tekan menu factory data reset.

Jika sudah, anda hanya perlu menunggu prosesnya saja hingga selesai. Setelah selesai, anda diharuskan untuk melakukan pengaturan seperti ketika pertama kali menghidupkan HP Android anda dulu.

Bagaimana? Tidak sulit bukan sebenarnya cara menghapus aplikasi yang tidak bisa di uninstall di Android itu? Dari sekian banyak kasus, biasanya sudah bisa diatasi dengan menggunakan cara yang pertama. Bagaimana dengan anda?

Tinggalkan komentar