Cara Mengatasi HP Android yang Tidak Bisa di Root

Cara Mengatasi HP Android yang Tidak Bisa di Root

Cara Mengatasi HP Android yang Tidak Bisa di RootCara mengatasi HP Android yang tidak bisa di root itu tidak sulit. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah asalkan anda sudah tau terlebih dahulu apa yang jadi penyebab gagalnya proses root di HP Android anda.

Kenapa anda harus tau terlebih dahulu apa penyebab gagalnya proses root di HP Android? Hal tersebut disebabkan karena cara untuk mengatasi HP Android yang selalu gagal ketika di root itu tergantung dari apa penyebabnya.

Mau tau apa saja penyebab dan juga bagaimana cara mengatasi HP Android yang tidak bisa di root tersebut? Jika anda mau tau mengenai hal tersebut, anda bisa simak penjelasan selengkapnya mengenai hal tersebut di dalam artikel ini.

2 Macam Penyebab Kenapa HP Android Tidak Bisa di Root

Jika berbicara mengenai HP Android yang selalu gagal dalam proses root, hal tersebut memang biasanya terjadi karena 2 macam penyebab.

Berikut ini adalah 2 macam hal yang paling sering jadi penyebab kenapa sebuah HP Android selalu gagal melewati proses root:

  1. Metode root yang digunakan tidak sesuai dengan HP Android

Perlu anda ketahui, proses root HP Android itu bisa dilakukan tanpa menggunakan PC dan juga dengan menggunakan PC.

Terkadang, ada HP Android yang memang sudah bisa di root tanpa menggunakan PC ataupun laptop. Namun tidak jarang, ada HP Android yang harus di root menggunakan PC ataupun laptop.

Oleh sebab itu, jika anda sudah mencoba melakukan root tanpa menggunakan PC atau laptop namun gagal, coba lakukan root dengan menggunakan PC ataupun laptop.

  1. Bootloader masih dalam kondisi terkunci

Selain karena masalah menggunakan atau tidak menggunakan PC, proses root di HP Android juga biasanya gagal karena file bootloader HP Android tersebut masih dalam kondisi terkunci.

HP Android yang tidak bisa di root ketika kondisi bootloadernya terkunci memang tidak banyak. Biasanya yang harus membuka kunci bootloader terlebih dahulu baru bisa di root adalah HP Android merek Xiaomi.

Macam-Macam Cara Mengatasi Masalah HP Android yang Tidak Bisa di Root

Setelah tau apa saja yang jadi penyebab HP Android sampai tidak bisa di root, maka selanjutnya anda bsia pelajari macam-macam cara mengatasi HP Android yang tidak bisa di root tersebut.

Untuk HP Android yang gagal di root, anda bisa mencoba menggunakan beberapa cara berikut ini:

  1. Menggunakan aplikasi yang cocok dengan chipset HP Android anda

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah HP Android yang tidak bisa di root adalah dengan menggunakan aplikasi yang cocok dengan chipset HP Android anda.

Salah satu aplikasi root HP Android yang bisa digunakan untuk root hampir semua jenis chipset yang digunakan di HP Android adalah aplikasi KingRoot.

Selain sudah terbukti bisa digunakan untuk melakukan root di berbagai merek dan seri HP Android, aplikasi KingRoot ini juga memberikan kemudahan bagi anda yang mau melakukan root pada HP Android.

Proses untuk melakukan root di HP Android menggunakan aplikasi KingRoot ini hanya cukup dengan menekan satu tombol saja. Setelah itu, anda hanya perlu menunggu hingga prosesnya berjalan sampai selesai.

Jika HP Android anda sudah berhasil restart sendiri dan masuk kedalam booting menu, maka HP Android anda sudah berhasil di root.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba menggunakan aplikasi KingRoot tersebut, anda bisa dapatkan aplikasi tersebut secara gratis di Forum XDA.

  1. Menggunakan mode recovery untuk memasukkan file konfigurasi root

Selain menggunakan aplikasi seperti KingRoot, anda juga bisa mencoba mengatasi masalah HP Android yang tidak bisa di root dengan menggunakan mode recovery. Anda bisa memasukkan file-file konfigurasi root di HP Android melalui mode recovery.

Yang perlu anda lakukan hanyalah mencari file konfigurasi root yang sesuai dengan seri HP Android anda saja. Setelah itu, copy file tersebut di dalam microSD dan pasang di slot memori eksternal HP Android anda.

Setelah itu, masuk mode recovery dan pilih update from external SD Card. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Jika prosesnya sudah selesai, HP Android anda akan restart dan masuk kedalam menu utama. Setelah itu, cek berhasil tidaknya proses root tersebut dengan menggunakan aplikasi Root Checker yang bisa anda unduh secara gratis di Playstore.

Note:

Semua cara mengatasi HP Android yang tidak bisa di root yang sudah dijabarkan di dalam artikel ini hanya bisa digunakan jika HP Android yang mau anda root sudah dalam kondisi unlock bootloadernya.

Jika file bootloadernya masih dalam kondisi terkunci atau locked, maka kemungkinan besar HP Android tersebut tetap akan gagal di root dengan menggunakan cara apapun.

Tinggalkan komentar