Cara Berbagi Internet dari PC ke HP Android via USB

Cara Berbagi Internet dari PC ke HP Android via USB

Cara Berbagi Internet dari PC ke HP Android via USBCara berbagi internet dari PC ke Android via USB memang bukanlah hal yang biasa dilakukan. Pasalnya, biasanya kebanyakan orang justru menggunakan koneksi internet dari HP Android untuk dihubungkan ke PC.

Namun ada kalanya, anda justru membutuhkan koneksi internet PC untuk dibagikan ke HP Android. Hal tersebut bisa terjadi jika anda menggunakan koneksi IDSL di rumah dan mau merasakan koneksi tersebut di HP Android anda juga.

Jika demikian, lalu bagaimana cara berbagi internet dari PC ke Android via USB? Meskipun tampaknya hampir tidak mungkin, ternyata ada cara untuk melakukannya.

Mau tau bagaimana caranya untuk berbagi koneksi internet PC ke HP Android anda dengan menggunakan kabel USB? Anda bisa pelajari langkah-langkah untuk melakukannya di dalam artikel ini.

2 Macam Cara Berbagai Internet dari PC ke HP Android Menggunakan Kabel USB

Meskipun tampaknya hampir tidak mungkin untuk dilakukan, ternyata ada 2 macam cara yang bisa anda gunakan jika ingin berbagi koneksi internet dari PC ke HP Android anda melalui kabel USB.

Anda bisa berbagi koneksi internet dari PC ke HP Android tersebut dengan tanpa bantuan aplikasi apapun ataupun dengan bantuan aplikasi reverse tethering.

Langkah-Langkah Berbagi Koneksi Internet dari PC ke HP Android via Kabel USB Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara berbagi internet dari PC ke Android via USB yang pertama yang memang paling disarankan adalah dengan tanpa menggunakan bantuan aplikasi tambahan.

Selain lebih praktis, cara pertama ini juga sangat mudah untuk digunakan, terutama bagi anda yang tidak mau HP Androidnya di root.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membagi koneksi internet dari PC ke HP Android melalui kabel USB:

  1. Pastikan PC anda sudah terhubung dengan koneksi internet terlebih dahulu.
  2. Hubungkan PC dan HP Android anda dengan menggunakan kabel USB.
  3. Setelah PC dan HP Android anda terhubung, masuk kedalam pengaturan atau settings di HP Android anda.
  4. Masuk kedalam menu tethering di dalam HP Android.
  5. Cari dan aktifkan fitur USB tethering di HP Android anda.
  6. Setelah diaktifkan, cek apakah sudah ada local network baru di PC anda.
  7. Jika sudah ada local network baru di PC, maka anda bisa mulai membagikan koneksi internet anda.
  8. Pilih local network yang memberikan koneksi internet di PC anda. Setelah itu, klik kanan dan pilih properties.
  9. Masuk kedalam tab sharing. Pilih local network HP Android anda pada tab sharing
  10. Jika sudah, anda hanya perlu menekan tombol Ok saja.

Bila anda memang mengikuti langkah-langkah ini dengan benar, seharusnya HP Android anda yang terhubung dengan kabel USB sudah mendapatkan koneksi internet dari PC anda.

Cara pertama untuk berbagai koneksi internet dari PC ke HP Android menggunakan kabel USB ini memang bisa digunakan untuk HP Android yang belum diroot. Namun sayangnya, prosesnya memang sedikit membingungkan terutama untuk orang awam.

Pasalnya, anda mau tidak mau harus melakukan pengaturan di dalam PC anda juga. Padahal, banyak orang yang tidak begitu paham melakukan hal tersebut.

Langkah-Langkah Berbagi Koneksi Internet dari PC ke HP Android via Kabel USB Dengan Software Reverse Tethering

Selain bisa menggunakan sharing koneksi di PC, andapun bisa berbagi koneksi internet dari PC ke HP Android via kabel USB dengan menggunakan software Reverse Tethering.

Apa keunggulan menggunakan software Reverse Tethering tersebut? Berikut ini adalah beberapa keunggulannya:

  • Proses untuk sharing koneksi internet dari PC ke HP Android tidak serumit cara pertama.
  • Bisa melakukan lebih banyak pengaturan dari dalam software Reverse Tethering.

Hanya saja, ada satu syarat yang harus anda penuhi untuk bisa menggunakan cara berbagi internet dari PC ke Android via USB kedua ini. Syaratnya adalah HP Android anda sudah harus dalam kondisi root dan memiliki fitur USB tethering.

Jika 2 syarat tersebut sudah anda penuhi, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah untuk berbagi koneksi internet dari PC ke HP Android menggunakan software Reverse Tethering berikut ini:

  1. Unduh dan pasang terlebih dahulu software Reverse Tethering di PC anda. Reverse Tethering bisa anda unduh dari Dropbox dengan ukuran file 5 MB.
  2. Pasang juga USB driver HP Android anda di PC untuk memudahkan proses berbagi koneksi internet nanti.
  3. Setelah software Reverse Tethering terpasang di PC, pastikan HP Android anda sudah diroot dan aktifkan fitur USB debugging.
  4. Hubungkan HP Android yang sudah anda aktikan fitur USB debuggingnya dengan PC yang terpasang software Reverse Tethering.
  5. Setelah terhubung, buka software Reverse Tethering di PC anda.
  6. Pastikan HP Android anda terbaca di kolom select a device di software Reverse Tethering.
  7. Jika HP Android anda belum terbaca, tekan tombol refresh di software Reverse Tethering.
  8. Bila HP Android anda sudah terdeteksi di dalam software Reverse Tethering, tekan tombol connect di software Reverse Tethering.
  9. Tunggu hingga semua progress berubah menjadi centang hijau.
  10. Jika HP Android anda meminta ijin untuk memasang APK USB Tunnel, berikan ijin tersebut.

Setelah semua hal tersebut sudah anda lakukan, seharusnya anda sudah bisa menikmati jaringan internet PC anda di HP Android.

Sangat mudah sekali bukan cara berbagi internet dari PC ke Android via USB itu? Jika anda disuruh memilih, anda lebih memilih menggunakan cara pertama atau cara kedua untuk berbagi koneksi internet dari PC ke HP Android anda melalui kabel USB?

Tinggalkan komentar